POPDA Ajang Pembinaan Prestasi Olahraga Pelajar

oleh -52 views

Diikuti 376 Pelajar SD hingga SMA

SUMBAWA BESAR, SR (18/04/2016)

Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2016. Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Mampis Rungan Sumbawa, Senin (18/4) ini dalam rangka puncak pembinaan prestasi olahraga pelajar kabupaten.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, selamat datang kepada seluruh kontingen Popda di Kabupaten Sumbawa. Harapannya, Popda tidak hanya menjadi agenda rutin semata, namun event tersebut harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga di Tana Samawa yang harus dilaksanakan dengan konsisten. Melalui Popda diharapkan akan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional bahkan internasional. “Melalui berbagai even olahraga ini menjadi upaya kami selaku pemerintah daerah untuk mewadahi dan memfasilitasi atlet-atlet pelajar Tana Samawa untuk mengukur sejauhmana kemampuannya, dan kemudian bisa menjadi duta yang mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa pada jenjang-jenjang selanjutnya,” ujarnya.

Satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan, diharapkan mampu memantau, menggali, memandu dan membina potensi pelajar. Paradigma keolahragaan yang harus dibangun adalah bagaimana atlet-atlet pelajar mampu berprestasi di tingkat nasional dan tidak menutup kemungkinan hingga di tingkat internasional.“Meski baru pada cabang olahraga tertentu, atlet-atlet pelajar kita mampu berprestasi hingga tingkat internasional, namun tidak menutup kemungkinan pada cabang olahraga lainnya para pelajar kita akan mampu berkiprah di tingkat yang sama. Tidak ada yang tidak mungkin untuk diraih jika kita berupaya dengan sungguh-sungguh. Untuk itulah mengapa saya sampaikan hal ini, agar anak-anakku sekalian dapat menjadikannya motivasi untuk terus berlatih meningkatkan kualitas olahraga baik secara fisik maupun mental. Hindari hal-hal yang dapat merusak citra pelajar dan menodai makna berolahraga,” pintanya.

Baca Juga  Baru Teridentifikasi 25 Orang Kontak Dengan Penderita Covid-19 Asal Lunyuk

Popda Sumbawa 1Sebagai bagian olahraga pendidikan, Popda di samping merupakan suatu upaya memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, serta kesehatan dan kebugaran, hendaknya juga dapat menjadi tempat mengembangkan minat dan bakat olahraga pelajar dalam mewujudkan Sumbawa yang hebat dan bermartabat. “Saya sangat berharap agar kelak anak-anakku sekalian dapat menjadi atlet sejati kebanggaan Kabupaten Sumbawa, karena melalui Popda ini kalian berkesempatan menjadi duta daerah,” ucapnya.

Ia juga menghimbau satuan pendidikan serta institusi yang menangani keolahragaan, dapat mengapresiasi segala daya dan hasil upaya yang telah dilakukan atlet-atlet pelajar karena penghargaan adalah salah satu yang memotivasi dan membangkitkan semangat para pelajar dalam meraih prestasi terbaik di bidang olahraga dan akademiknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Olahraga Disporabudpar Sumbawa, Drs. Abdussalim melaporkan, Popda sebagai salah satu siklus penyelenggaraan kegiatan olahraga pelajar tingkat Kabupaten yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali memiliki tujuan. Di antaranya puncak pembinaan prestasi olahraga pelajar kabupaten, ajang seleksi atlit pelajar untuk nantinya akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada event yang lebih tinggi, yaitu Popda Provinsi NTB, Popwil, dan Popnas. Selain itu meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan dan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani, menciptakan kondisi kompetitif secara sehat, melatih sifat sportifitas dan tanggung jawab, serta mengembangkan bakat dan minat pelajar dalam bidang olahraga.

Baca Juga  Bima ‘Meledak’ ! 10 Warga Kecamatan Bolo Positif Covid

Popda akan digelar selama enam hari sejak 18 April hingga 23 April 2016 yang akan diadakan di beberapa lokasi yakni GOR Mampis Rungan, Gedung Bulu Tangkis Pragas, Lapangan Basket SMAN 3 Sumbawa, serta Lapangan Tenis Sumer Bater. Cabang olahraga yang akan dipertandingkan yaitu Tenis Meja, Basket, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, dan Sepak Takraw, dengan jumlah peserta seluruhnya 376 orang yang merupakan atlit yang berstatus pelajar tingkat SD, SMP, SMA, SMK, MI MTS, dan MA. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD