“Tertibkan Pedagang dengan Cara-cara Bermartabat”

oleh -11 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/04/2016)

Bukan Pasar Seketeng kalau tidak semrawut. Ungkapan ini sudah lazim disebutkan. Sebagai pemerintahan baru di Kabupaten Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah ingin menghilangkan imej tersebut. Keberadaan para pedagang di tempat yang tidak semestinya akan ditertibkan. Demikian dengan perparkiran yang semrawut dan mengganggu arus lalulintas akan diatasi. Untuk merealisasikan hal itu, Pemda Sumbawa membentuk tim—gabungan dari sejumlah instansi terkait.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc yang ditemui di ruang kerjanya belum lama ini mengakui tim sudah terbentuk dan tinggal action di lapangan. Namun ia menekankan kepada tim agar dalam melakukan penertiban tidak bertindak diskriminatif, persuasive dan menghindari seminimal mungkin terjadinya benturan. Upaya yang dilakukan adalah membangun kesadaran para pedagang dan semua pihak selaku penerima manfaat dari keberadaan pasar. “Kita harus segarkan fikiran mereka, bahwa tujuan kita melakukan penertiban semata-mata untuk memperbaiki dan memberikan kenyamanan kepada seluruh pedagang pasar. Tertibkan pedagang dengan cara-cara yang bermartabat,” kata Haji Husni—sapaan singkat Bupati Sumbawa.

pasar Seketeng Sumbawa
pasar Seketeng Sumbawa

Yang pertama ditertibkan adalah pedagang yang berada di luar pasar hingga meluber ke badan jalan. Mereka diarahkan untuk masuk ke dalam karena masih banyak tempat yang lowong. Dapat dipahami keberadaan pedagang di luar atau di depan pasar karena dianggap sebagai lokasi strategis dan kemudahan berinteraksi dengan pembeli. Sebagai solusinya jalan masuk ke dalam pasar akan diperlebar. Ini untuk memberikan kenyamanan bagi pembeli agar mau masuk ke dalam pasar dan mendatangi para penjual yang sebelumnya berada di luar. “Untuk membuat mereka bisa paham tidak bisa sehari, dua hari bahkan satu minggu, tapi terus kita dekati. Mustahil dalam waktu tertentu mereka tidak sadar-sadar juga, ini keterlaluan,” tukas Haji Husni.

Baca Juga  Bupati Dukung Larangan Pengiriman Gabah ke Luar Daerah

Ia optimis pemerintah mampu mengatasi persoalan di pasar khususnya Pasar Seketeng, karena yang dilakukan itu adalah untuk kepentingan pedagang itu sendiri. Penataan ini akan dilakukan sambil terus berjuang untuk mewujudkan pasar induk. “Kita akan datang langsung ke pusat meminta dukungan dan jaminan teman-teman di DPR dan DPD RI serta mendatangi departemen terkait untuk memprioritaskan aspirasi ini,” demikian Haji Husni. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.