Sumbawa Dapat Cetak Sawah Baru dan Jaringan Irigasi 80 Milyar

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (14/04/2016)

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disper–TPH) Kabupaten Sumbawa melaksanakan rapat koordinasi cetak sawah baru dan pengembangan jaringan irigasi Tahun 2016. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor dinas setempat Kamis (14/4) dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc serta dihadiri Kepala Pelaksana Lapangan Direktorat Zeni TNI AD, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Dandim 1607 Sumbawa, dan para Kepala SKPD.

Dinas Pertanian 1Dalam laporannya Kepala Disper-TPH, Ir Talifuddin M.Si menyampaikan saat ini akan dimulai program cetak sawah baru di lahan seluas 4.000 hektare dan pengembangan jaringan irigasi seluas 6.450 hektare, dengan anggaran total mencapai Rp 80 milyar. Ada beberapa kecamatan yang tidak terakomodir dalam program cetak sawah baru pada tahun ini. Yaitu Kecamatan Unter Iwes, Batu Lanteh, Sumbawa, Labuhan Badas, dan Kecamatan Labangka. “Kami berharap ada kerjasama yang baik, agar program ini berjalan lancar,” pintanya.

Di tempat yang sama, Perwakilan Kepala Disper-TPH NTB Ir Hadi Irfan Zahidi MM menyebutkan masih banyak lahan di Sumbawa yang bisa digunakan untuk cetak sawah baru. Pihaknya berkomitmen untuk menanam padi di lahan 4000 Ha ini dalam rangka swasembada pangan. “Cetak sawah ini sebenarnya tidak hanya untuk swasembada padi, tetapi juga sebagai pemicu untuk keterlibatan dinas terkait dalam membangun sektor pertanian,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Hari Pertama Tes CPNS Sumbawa, 2 Tidak Hadir