Komite Sekolah Berperan Dalam Pemenuhan SPM

oleh -6 views
Amir Mahmud ME, Kasubag Program Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (14/04/2016)

Kasubbag Program Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Amir Mahmud ME, menyebutkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bukan barang baru tapi sudah lama ditetapkan pemerintah. Hanya sampai saat ini masih banyak pihak yang belum memahami dan siapa saja yang berperan dalam pemenuhan SPM tersebut.

Berdasarkan argumentasi ini, pemerintah telah menyusun program untuk mensosialisasikan SPM kepada para pihak yang berkompeten, termasuk kepada Komite Sekolah. “Komite Sekolah memiliki peranan penting dalam pemenuhan SPM ini. Karena itu sangat penting dijelaskan kepada komite sekolah apa tugas dan peran mereka dalam rangka pemenuhan SPM ini,” kata Amir Mahmud di hadapan Ketua Komite SD dari wilayah Selatan Sumbawa pada Sosialisasi SPM Dikdas di Hotel Sutan Sumbawa, belum lama ini.

Sosialisasi SPM 1SPM adalah standar minimal yang harus dipenuhi oleh sekolah, sebelum melaksanakan standar pelayanan yang lain. Ketika kurang dari setengah saja standar minimal ini maka pelayanan pendidikan di sekolah tersebut belum baik. “Sebelum standar-standar lain dilaksanakan seperti akreditasi, SPM harus terlebih dahulu dipenuhi karena tidak akan mungkin standar lain akan terpenuhi sebelum SPM ini terpenuhi, inilah kewajiban komite sekolah,” paparnya.

Sosialisasi SPMDisebutkannya, indikator SPM Dikdas terdiri dari 27 indikator pencapaian. Inipun terbagi menjadi dua kewenangan dalam pencapaiannya yaitu 14 indikator menjadi kewenangan pemerintah dan 13 indikator lainnya kewenangan masing-masing satuan pendidikan (sekolah). Untuk kewenangan di masing-masing satuan pendidikan itu akan menjadi ranah yang digarap oleh pengawas dan sekolah. Sementara untuk kewenangan dinas atau SKPD tentu akan menjadi kebijakan dinas. “Kami berharap akhir dari program ini tidak hanya sekedar paham apa itu SPM, tetapi juga SPM dapat dicapai dengan baik,” harapnya. (JEN/SR*)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Paguyuban Mahasiswa UTS Asal Bogor Gaungkan Challance “One Trip One trash Bag”