Belasan Seniman Dunia Berkolaborasi Tampil Memukau

oleh -11 views

SUMBAWA BESAR, SR (10/04/2016)

Sebanyak 16 seniman dunia dan nasional tampil memukau pada malam kolaborasi seni di Wisma Daerah Sumbawa, Sabtu (9/4) malam kemarin. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pesona Tambora 2016 yang akan dilanjutkan dengan perjalanan Alunan Semesta Gili  Ngali—Gili Tapan, Minggu (10/4) pagi ini.

Dalam pengantar budayanya, Budayawan Nasional selaku inisiator kegiatan, Taufik Rahzen mengatakan, bahwa Kabupaten Sumbawa adalah pusaka penting di Indonesia. Pusaka itu bukan hanya benda melainkan orang-orang yang ada di Tana Samawa ini. Untuk diketahui ungkap TR—akrab ia disapa, dalam menyukseskan peringatan letusan Gunung Tambora melalui kegiatan Pesona Tambora 2016, para seniman dunia ini akan melakukan perjalanan 10 hari. Diawali dari Pulau Kenawa, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan sambutan budaya yang luar biasa, lalu disambut hangat Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV di Wisma Daerah ini.

Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV mengatakan, peringatan Tambora ini momentum untuk Pulau Sumbawa yang melalui budayanya untuk bisa dikenal bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. Melalui budaya ini, Pulau Sumbawa akan maju dengan pembangunan di berbagai bidang. Karena itu Sultan mengingatkan, jika pembangunan hendak dilakukan di Pulau Sumbawa, investor harus melakukan pendekatan budaya. Tentunya masyarakat dan investor akan melakukan komunikasi melalui pendekatan menggunakan bahasa budaya. “Insya Allah komunikasi akan lembut dan dapat dimengerti semua pihak. Ini juga bisa terjadi apabila dua etnis di Pulau Sumbawa (Samawa dan Mbojo) saling menghormati meski dengan perbedaan. Tentu dengan mengepankan kesetaraan,” titah Sultan.

Baca Juga  Selamat !!! Nasabah BRI Unit Taliwang dan Unit Sumbawa Kota I Dapat Mobil

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah, mengatakan Sumbawa memiliki banyak potensi, namun kurang begitu dikenal dunia luar. Ia berharap melalui kegiatan Alunan Semesta Gili Ngali—Gili Tapan rangkaian dari Pesona Tambora, potensi itu diketahui, terutama 63 pulau kecil yang masih perawan dan penuh pesona. “Dengan kegiatan kami berharap semua bisa bersinergi dalam membangun Sumbawa dan NTB ke depan,” demikian Haji Mo’—sapaan Wabup Sumbawa. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.