Satu Desa Satu Bhabinkamtibmas Sudah Terpenuhi

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/04/2016)

Semua desa di Kabupaten Sumbawa kini telah memiliki petugas Bhabinkamtibmas. Menyusul Polres Sumbawa mendapat tambahan personil dari Polda NTB. Artinya satu desa satu bhabinkamtibmas sudah terpenuhi dari yang sebelumnya 24 desa belum memiliki petugas dimaksud. “Alhamdulillah kini 166 desa dan kelurahan sudah memiliki bhabinkamtibmas,” kata Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK yang ditemui kemarin.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di desa sekaligus melengkapi empat pilar dari sebelumnya tiga pilar yaitu kepala desa, Babinsa dan tokoh masyarakat. Ia berharap kehadiran Bhabinkamtibmas mampu bekerjasama dengan unsur lainnya di desa sehingga tercipta keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Brigadir Putu Yudana, Bhabinkamtibmas Pulau Bungin, siap laksanakan tugas
Brigadir Putu Yudana, Bhabinkamtibmas Pulau Bungin, siap laksanakan tugas

Diakui Kapolres, peran Bhabinkamtibmas sangat efektif baik dalam meminimalisir kasus yang berpotensi terjadinya gangguan Kamtibmas, juga bersama unsure lainnya mencegah meluas sebuah peristiwa yang dapat mengganggu kondusifitas daerah. Misalnya kasus perkelahian dua kelompok di Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu. Berkat kerjasama empat unsur di desa ini, kejadian itu mampu diredam. Kesigapan ini karena memang personil Bhabinkamtibmas dibekali pengetahuan atau wawasan. Sebelum mereka ditempatkan di lokasi tugas, mereka dibekali strategi dalam menyelesaikan masalah sekaligus memberikan solusi. Yang paling penting, Bhabinkamtibmas harus dekat dan terjun ke masyarakat. Salah satunya melalui program DDS (door to door system). “Mereka harus mengunjungi satu per satu rumah warga di daerah tugasnya. Kunjungan ini dibuktikan dengan adanya pemasangan stiker DDS di setiap rumah warga. Jika stiker ini tidak tertera, maka dapat dipastikan petugas kami tidak melaksanakan tugas sesuai harapan,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Pengadaan Barang dan Jasa di Sumbawa Sedang ‘Sakit’