Pemda Sumbawa akan Tingkatkan Kesejahteraan Petani Garam

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (31/03/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Perikanan dan Kelautan terus berupaya melakukan pengembangan usaha garam rakyat. Salah satunya intensif menggelar Sosialisasi Pugar 2016 bersama para kelompok usaha garam rakyat di Kabupaten Sumbawa di Aula Hotel Tambora, Rabu (30/3).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Sosialisasi Pugar 2016, Zulkifli, S.Pi menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk memberikan penjelasan terkait kebijakan pemerintah dalam pengembangan usaha garam rakyat dan menyiapkan kelompok usaha garam rakyat menuju kemandirian. Selain itu memberikan pengetahuan terkait manajemen kelompok dan manajemen keuangan serta memberikan pemahaman serta penyelarasan dalam peningkatan produktivitas dan kualitas dalam meningkatkan kesejahteraan petambak garam rakyat. “Sosialisasi ini diikuti 50 orang terdiri dari perwakilan dari pengurus kelompok usaha garam rakyat sebanyak 23 kelompok, pengurus koperasi industri garam, tim teknis, perangkat kecamatan, desa dan tokoh masyarakat serta penyuluh perikanan bantu Pugar,” sebutnya.

Pugar GaramSementara Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan bahwa potensi penghasil garam di Kabupaten Sumbawa sangat banyak. Namun kemampuan masyarakat yang masih kurang. Karena itu sangat dibutuhkan sosialisasi semacam ini agar bisa bersaing dengan daerah lain. “Saya mengharapkan kepada instansi terkait tolong perhatikan dan serius dalam menghadapi hal–hal seperti ini. Pendapatan petani kita di pantai ini masih sangat kurang padahal ada potensi. Karena potensi ini belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal, maka kita berusaha untuk mengembangkan potensi tersebut,” katanya. “Usaha garam kecil-kecilan inilah yang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat jangan sampai kita membuat program yang besar–besar tapi pemanfaatannya kurang,” tambahnya.

Baca Juga  Kota Bima Juara Umum STQ Provinsi 2014

Diharapkan melalui usaha garam rakyat ini tingkat kemiskinan di Kabupaten Sumbawa kian berkurang. “Mulai sekarang kita harus memprioritaskan mana yang yang sangat dibutuhkan oleh petani dan masyarakat kalangan bawah untuk dibina dan dikembangkan demi mencapai masyarakat sejahtera,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD