Komisi IV Dukung Penambahan Armada Satdamkar

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/03/2016)

Wajar saja jika penanganan bencana kebakaran di wilayah Sumbawa tidak maksimal. Pasalnya armada yang dimiliki UPT Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar)  Kabupaten Sumbawa kondisinya sangat memprihatinkan. Hal ini terungkap saat sidak rombongan Komisi IV di markas institusi yang memiliki slogan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam” ini.

Kepala UPT Damkar Laurensius Sado curhat kepada Kamaluddin ST M.Si dan Andi Rusni SE (Koodinator dan Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa)
Kepala UPT Damkar Laurensius Sado curhat kepada Kamaluddin ST M.Si dan Andi Rusni SE (Koodinator dan Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa)

Kepala UPT setempat, Laurensius Sado di hadapan Wakil Ketua DPRD Kamaluddin ST M.Si selaku Koordinator Komisi IV beserta rombongan komisioner, menyebutkan Satdamkar memiliki 6 unit kendaraan besa,  namun hanya 4 yang dapat dioperasikan, duanya rusak dan dalam perbaikan mengingat rangka atau sasis kendaraan telah berusia belasan tahun terlihat berkarat, dan bengkok akibat kecelakaan. Untuk satu unit yang diperbaiki membutuhkan anggaran sebesar Rp 179 juta, jika dua unit mencapai Rp 358 juta. Keluhan lainnya adalah kekurangan armada. Pihaknya sudah mengusulkan penambahan armada pemadam, tapi hanya satu unit yang direalisasikan yang harganya mencapai Rp 1,5 miliar . “Idealnya harus ada 31 unit mobil pemadam karena sebagiannya ditempatkan di pos-pos kecamatan,” katanya.

Koordinator Komisi IV,  Kamaluddin ST M.Si mendukung penambahan armada Damkar mengingat sarana yang ada sudah rusak, dan untuk memperbaikinya membutuhkan anggaran yang besar.  “Daripada rusak terus dan anggaran pemeliharaannya tinggi, lebih baik pengadaan unit baru,” tukasnya. Karenanya ia meminta pihak UPT setempat melakukan perencanaannya yang komprehensif, agar nantinya alokasi anggaran tidak sia-sia dan dapat dipertanggungjawabkan. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Kemendagri Beri Sinyal Pembentukan KSR