Komisi IV DPRD Sumbawa Kecewa Hasil Pembangunan IGD

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/03/2016)

Berbagai persoalan yang muncul dalam proyek pembangunan gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sumbawa. Mulai tidak dibayarkannya pekerjaan kepada subkontraktor yang membuat dilakukan pembongkaran paksa sejumlah bagian bangunan, hingga ambruknya plafon serta masih belum tuntasnya beberapa item pekerjaan. Hal inilah yang mendorong Wakil Ketua DPRD Sumbawa Kamaluddin ST M.Si beserta jajaran Komisi IV melakukan inspeksi mendadak (sidak), Selasa (29/3) kemarin.

Komisi IV Sidak 1Dalam sidak ini para wakil rakyat tersebut merasa kecewa. Pasalnya masih banyak item pekerjaan yang belum selesai dari bangunan yang didirikan dengan anggaran miliaran rupiah ini. “Kami sangat kecewa dengan hasil pekerjaan ini,” sesal Kamaluddin ST M.Si Pimpinan DPRD yang juga Koordinator Komisi IV yang saat itu didampingi Anggota Komisi Andi Rusni SE dan Kabag TU dan Kasubag Program RSUD Sumbawa.

Kamal—akrab politisi yang juga seorang konsultan ini, menemukan beberapa titik bangunan yang belum selesai seperti tembok yang belum rapi diplester, plafon bocor, piting lampu yang belum terpasang, termasuk jaringan listrik yang tidak ditanam, hanya dipasang di luar mengikuti bentuk lekukan tembok. Belum lagi lantainya lebih rendah dari tanah. Menurut Kamal, khusus IGD yang diklaim pihak RSUD berstandar internasional, masih banyak kekurangan dalam hal perencanaan. Sebagai bangunan baru harusnya jaringan listrik tidak terlihat. “Saya nilai pembangunan IGD ini gagal perencanaan dan gagal pengerjaannya,’’ sesalnya.

Baca Juga  IISBUD Gandeng MPR RI Laksanakan Diskusi Kebangsaan

Komisi IV SidakKamal juga mengaku prihatin dengan kondisi bangunan tersebut karena dari kualitas pengerjaannya tidak maksimal. Karena itu Ia meminta Pusat Palaporan dan Analisis Keuangan (PPATK), PPK, dan manajemen RSUD Sumbawa untuk tidak menerima bangunan tersebut hingga hasil pengerjaannya benar sesuai standar dan harapan. “Jangan dibayar dulu, agar tidak menimbulkan permasalahan baru,’’ saran Kamal.

Sementara itu Kasubbag Program yang juga PPK Proyek IGD RSUD Sumbawa Ahmad Fauzi mengatakan berdasarkan laporan dari pelaksana proyek, jika bangunan gedung tersebut sudah tuntas 100 persen. Saat ini pihaknya masih menunggu Inspektorat Sumbawa untuk mengecek hasil pekerjaan. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.