GOW Wadah Peningkatan Peran Serta Kaum Perempuan

oleh -34 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/03/2016)

Setelah Ketua Gabungan Organisasi Kabupaten Sumbawa, Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah, kini giliran pengurusnya yang dilantik. Pelantikan yang berlangsung di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa Selasa (29/3) kemarin dihadiri Ketua BK GOW Provinsi NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua TP PKK, Ketua Pengadilan, perwakilan Forkopimda, kepala SKPD, dan organisasi wanita. “Terpilihnya pengurus GOW Kabupaten Sumbawa merupakan wujud kepercayaan atas kemampuan, wawasan, dan pemahaman organisasi yang dimiliki. Tentunya kepercayaan tersebut harus dijawab dengan kerja nyata yang merupakan manifestasi dari berbagai harapan anggota GOW Kabupaten Sumbawa yakni agar GOW lebih baik dan lebih maju di masa-masa mendatang,” kata Ketua GOW Sumbawa, Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah.

GOW memiliki kapasitas dan segmen keanggotaan yang sangat penting yaitu organisasi wanita sebagai wadah bagi upaya peningkatan peran serta kaum perempuan. Untuk mengelola potensi yang dimiliki kaum perempuan, Ia mengajak semua pihak berkomitmen terus mendorong GOW dalam melahirkan dan melaksanakan rencana-rencana kerja strategis sehingga pencapaian tujuan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu hal yang masih tetap mendapatkan perhatian dari para pengurus GOW adalah masalah pendidikan kaum perempuan yang masih harus terus ditingkatkan dan kesehatan ibu hamil dan menyusui karena hal tersebut merupakan faktor yang sangat menentukan bagi terciptanya generasi penerus yang berkualitas di masa-masa mendatang. “Saya mengajak segenap pengurus GOW Kabupaten Sumbawa untuk bersama-sama membangun teamwork yang baik yang dapat berkolaborasi dalam menjalankan program kerja dan mampu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya sehingga dapat mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” ujar istri Wakil Bupati Sumbawa ini.

Baca Juga  Lurah Pekat Polisikan Oknum Seklur dan Beberapa Staf

GOW Pengurus 1Ketua BK GOW Provinsi NTB, Hj Syamsiah Muhammad Amin dalam sambutannya mengingatkan banyaknya kasus kekerasan yang terjadi dalam masyarakat maupun keluarga, yang cenderung korbannya adalah kaum perempuan. Karena itu kaum perempuan tidak boleh lengah, segera laporkan kepada pihak yang berwajib agar para pelaku tidak mengulangi perbuatannya melakukan KDRT. “Dalam undang-undang kita mempunyai hak untuk melindungi diri, untuk itu jadilah perempuan yang tangguh dan hebat seperti yang diharapkan pemerinta,” ajaknya.

Ia mengaku salut dengan organisasi wanita karena tanpa disadari hasil survey nasional menyebutkan perempuan paling banyak mendistribusikan income. Program ke depan bagaimana menurunkan angka kematian ibu dan anak serta menuntaskan buta aksara. Selain itu mencegah pernikahan di bawah umur, pengunaan narkoba dan penularan HIV/AIDS.

GOW Pengurus 2Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyebutkan Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan. Upaya ke arah itu masih perlu terus ditingkatkan dengan melibatkan semua unsur yang ada, termasuk kaum perempuan dengan cara ikut berperan aktif dalam berkarya dan membantu pemerintah daerah dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan. Seperti penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak, maupun upaya peningkatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat. Terbukti selama ini kaum perempuan lebih peka, lebih mengerti dan lebih berpengalaman pada kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu, GOW juga diharapkan mengambil peran dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga ketika keluarga sejahtera, otomatis pembangunan dan kesejahteraan masyarakat akan tercapai.

Baca Juga  Ditinggal PTNNT Pantai Maluk Tak Terurus, Minta AMNT Turun Tangan

Terkait dengan pelantikan pengurus GOW, Wabup mengajak kaum ibu-ibu memanfaatkan momen ini untuk introspeksi sejauhmana sumbangan tenaga dan pikiran, menyuplai ilmu, wawasan dan pengalaman bagi kepentingan masyarakat. “Saya sangat mengharapkan kepada pengurus GOW yang baru untuk lebih berkomitmen melaksanakan kegiatan-kegiatan positif, sehingga ke depan, eksistensi dan integritas gerakan organisasi wanita Kabupaten Sumbawa dapat menjadi panutan dan teladan bagi segenap masyarakat Sumbawa,” pintanya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.