Ratusan CPNS K2 Empat Angkatan Ikut Diklat Prajabatan

oleh -19 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/03/2016)

Ratusan CPNS yang diangkat dari tenaga honorer kategori dua (K2) mengikuti Diklat Prajabatan. Mereka tergabung dalam empat angkatan yaitu angkatan 5, 6, 7, dan 8. Kegiatan yang digelar Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan Provinsi NTB yang dimulai Senin (28/3) hingga 13 April mendatang ini, dalam rangka membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri melaporkan, bahwa kompetensi yang dibangun dalam Diklat Prajabatan tersebut adalah kompetensi sebagai pelayan masyarakat yang baik, yang diindikasikan dengan kemampuan memahami wawasan kebangsaan sebagai dasar mengutamakan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Selain itu memahami sikap untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan, pemberantasan korupsi di lingkungan instansinya, memahami ketentuan kepegawaian berkaitan dengan peran dan fungsi ASN, dan kedudukan, kewajiban dan hak PNS, serta memahami pola pikir ASN sebagai pelayan masyarakat. Seluruh peserta Diklat Prajabatan adalah CPNS yang diangkat dari tenaga honorer K2 berstatus sebagai CPNS yang dinyatakan dengan SK pengangkatan sebagai CPNS. Jumlahnya 144 orang, di antaranya 3 orang golongan I, 125 orang golongan II, 16 orang golongan III, 141 orang tenaga guru, dan 3 orang tenaga teknis administrasi. Tenaga pengajar berasal dari Widyaiswara Provinsi NTB, Widyaiswara Kabupaten Sumbawa, pejabat pemerintah, dan pengelola Diklat.

Baca Juga  Mensos Bantu Masyarakat KSB 21,2 Miliar

Diklat PrajabSementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya, mengatakan, dilaksanakannya Diklat Prajabatan ini untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya. Diklat Prajabatan merupakan pembekalan yang kompherensif agar CPNS mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara sekaligus pelayan masyarakat. Diklat prajabatan juga bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai ASN dalam rangka pembinaan SDM aparatur yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Karena itulah, harus disadari bahwa ASN dalam bekerja harus dengan dedikasi dan loyalitas kepada negara dan bangsa. “Melalui diklat prajabatan, peserta akan memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai agen pembaharu yang memiliki cara berpikir, bersikap, dan bertindak secara benar juga tepat, selalu berpihak pada kemaslahatan rakyat sebagai implementasi kepemerintahan yang baik untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.

Diklat Prajab 1Mengingat pentingnya momentum Diklat Prajabatan, Sekda berharap para peserta dapat mengikuti semua materi dengan baik. Keikutsertaan sebagai peserta tidak hanya dilihat pada kehadiran di kelas, panitia dapat melihat dan mengamati peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap permasalahan melalui diskusi atau kegiatan pembelajaran lainnya, agar terdorong untuk berperan dan berkontribusi dalam mendinamisasi setiap kegiatan pembelajaran. “Sebagai CPNS yang akan menjadi aparatur ASN, Diklat Prajabatan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya guna menjadi aparatur yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh sebagai aparat yang siap mewujudkan kepemerintahan yang baik dan terpercaya oleh masyarakat,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD