Deviden PTNNT Mandeg di PT Multicapital

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/03/2016)

Perjuangan Pemda Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mendapatkan deviden dari kepemilikan saham di PTNNT yang dibeli melalui PT Daerah Maju Bersaing (DMB), nampaknya masih panjang. Meski demikian berbagai upaya telah dilakukan mulai dari pertemuan dua lembaga DPRD yakni DPRD Sumbawa dan KSB, hingga menemui Direktur PT DMB dan meminta dukungan Komisi III DPRD NTB. Dari hasil pertemuan itu ada sedikit titik terang dimana deviden yang menjadi hak daerah tersebut mandeg.

Anggota Komisi II DPRD Sumbawa, Salamuddin Maula menyatakan perjuangan tidak pernah berhenti hingga deviden itu diterima daerah. Pasalnya deviden itu akan dimanfaatkan membiayai program pembangunan bagi kepentingan masyarakat di dua daerah terutama Kabupaten Sumbawa. “Ini  bukan uang sedikit harus terus kita tagih,” kata politisi PKS ini disapa kepada SAMAWAREA di Gedung DPRD Sumbawa, Senin (28/3)

Dari pertemuan dengan Direktur PT DMB di Mataram pekan lalu, ungkap Jalo—sapaan akrabnya, ternyata deviden itu mandeg di PT Multicapital Daerah Bersaing (MDB)—anak perusahaan milik Aburizal Bakrie. Total deviden yang yang seharusnya diterima Pemda Sumbawa sejak Tahun 2010 hingga 2015 mencapai Rp 82,640 miliar. Yang terbayar sekitar Rp 53,676 miliar. Yang artinya masih tersisa sekitar Rp 28,963 miliar.  Rinciannya, Tahun 2010 Pemda hanya mendapat deviden sekitar Rp 6,436 miliar dari seharusnya Rp 8 miliar sehingga terdapat kekurangan sekitar Rp 1,563 miliar. Tahun 2011 deviden yang diterima senilai Rp 46,240 miliar sesuai dengan besar nilai yang harus diterima. Selanjutnya 2012, pembayaran deviden jauh dari harapan. Harusnya yang diterima Rp 15,6 Milyar, terealisasi hanya Rp 1 miliar. Ada kekurangan sekitar Rp 14,6 Miliar. Tahun 2013 dan Tahun 2014 yang seharusnya mendapat deviden 12,8 M atau masing-masing sebesar Rp 6,4 miliar, tak sepeserpun yang terbayar. “Dalam waktu dekat kami bersama Dirut PT DMB akan ke Jakarta menemui pihak PT Multicapital untuk menanyakan sekaligus melakukan tagihan terhadap deviden yang belum terbayar,” pungkasnya.  (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  189 Napi Lapas Sumbawa Dapat Remisi, 5 Langsung Bebas