Peduli Pendidikan, Newmont Bantu UNSA, UTS dan Undova

oleh -29 views

SUMBAWA BESAR, SR (24/03/2016)

PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) terus memberikan perhatian dan kepeduliannya terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Salah satunya memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp 2,8 Milyar kepada tiga perguruan tinggi di dua daerah tersebut yakni Universitas Samawa (UNSA), Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Universitas Cardova (Undova). Bantuan hibah ini digelontorkan pada Tahun 2013, 2015 dan 2016 ini.

sebagian peralatan Multi Media milik UNSA dari Bantuan PTNNT
sebagian peralatan Multi Media milik UNSA dari Bantuan PTNNT

Gensuv Communication PTNNT, H Ruslan Ahmad dalam keterangan persnya menyebutkan, pada Tahun 2013, PTNNT memberikan bantuan dana kepada Undova sebesar Rp 750 juta untuk mendanai fasilitas dan mutu pelayanan pendidikan tinggi di lingkungan universitas tersebut. Selanjutnya dana itu dialokasikan untuk pembuatan dan perancangan system informasi akademik, pengadaan alat dan sarana marching band, dan pembangunan lapangan basket. Masih pada tahun yang sama, perusahaan yang berkantor pusat di Colorado Amerika Serikat ini juga memberikan bantuan kepada UNSA dan UTS masing-masing sebesar Rp 300 juta. Untuk UNSA, dialokasikan bagi peningkatan fasilitas dan mutu pelayanan pendidikan di lingkungan kampus dengan rincian perlengkapan ruang kuliah, perlengkapan ruang studio, ruang dosen/kantor, ruang rapat senat, perlengkapan kantin siswa, dan perlengkapan laboratorium, perlengkapan laboratorium biokimia. Sedangkan UTS digunakan untuk pembangunan ruang perpustakaan.

Gedung Fak. Teknologi Informatika UTS bantuan PTNNT
Gedung Fak. Teknologi Informatika UTS bantuan PTNNT

Bantuan PTNNT terus berlanjut, dengan mengalokasikan dana hibah kepada UNSA dan UTS masing-masing sebesar Rp 400 juta. Dana itu digunakan UNSA untuk pengadaan alat laboratorium Multi Media dan MIPA Penunjang Pembelajaran di kampus tersebut. sementara UTS digunakan untuk membangun gedung kuliah baru yaitu gedung Fakultas Teknologi Informatika. Selanjutnya Tahun 2016, bantuan PTNNT diberikan kepada Universitas Cardova (Undova) sebesar Rp 650 juta untuk pengadaan fasilitas belajar, perkantoran dan olahraga.

Baca Juga  Presiden Tegaskan Tak Ada Penghentian Tunjangan Profesi Guru

Hasil dari penggunaan dana bantuan ini, disupervisi Tim dari PTNNT. Tim yang terdiri dari Sabil (Supervisor Capasity Building di Social Responsibility dan Planning Development), Edy Sahriansyah (Specialist Community Relation), dan Fachri staf Departemen Komunikasi PTNNT, tiba di kampus UTS dan UNSA, Kamis (24/3).

Rektor UTS, Dr Andi Tirta ST MT
Rektor UTS, Dr Andi Tirta ST MT

Rektor UTS, Dr Andy Tirta ST MT menyampaikan terima kasih atas kepedulian PTNNT terhadap UTS. Tentunya peran dari perusahaan sangat diharapkan untuk bisa mendukung kegiatan belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. “Semoga dengan keberadaan gedung yang dibangun dari dana hibah PTNNT ini membuat mahasiswa nyaman dalam belajar dan dosen dalam mengajar,” kata Boy–akrab Rektor disapa yang didampingi Dekan Fakultas Teknologi Informatika, Sugeng Purwanto ST M.Sc.

UTS akan selalu membuka diri dan berharap bisa memberikan sesuatu kepada Newmont, mengingat kampusnya memiliki banyak tenaga ahli baik dari bidang Metalurgi, Psikologi, Ilmu Komunikasi Informatika, dan bidang lainnya. “Kapanpun Newmont mau kami siap mensupport. Kami berharap kerjasama Newmont dan UTS bisa lebih diperluas,” tandasnya.

Warek III UNSA, Dr Budi Prayitno didampingi Tim Supervisi PTNNT
Warek III UNSA, Dr Budi Prayitno didampingi Tim Supervisi PTNNT

Hal senada diungkapkan Wakil Rektor III Universitas Samawa (UNSA), Dr Budi Prayitno. Menurutnya, bantuan PTNNT ini sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di kampusnya. Salah satunya mendukung keberadaan peralatan laboratorium Multi Media. Keberadaan lab ini sebagai wadah pembelajaran khususnya di program study teknologi pendidikan sekaligus melahirkan TV Lokal yang cikal bakalnya dimulai dari TV Lab “Intan Bulaeng TV”. Saat ini TV Lab tersebut akan ditingkatkan menjadi TV Komunitas, yang kini tengah diupayakan pengurusn ijin frekwensi dan lainnya. Karenanya Ia tetap berharap perhatian PTNNT dan pihak lainnya terhadap UNSA terus berlanjut karena ke depannya bantuan yang ada diarahkan untuk pembangunan infrastruktur. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.