Pipa Air Bersih ke Bungin Tidak Sesuai Spesifikasi

oleh -10 views

Budi Suryata: Harus Revitalisasi Pipanisasi

SUMBAWA BESAR, SR (22/03/2016)

Krisis air bersih yang dialami masyarakat Pulau Bungin Kecamatan Alas, mendapat perhatian serius dua pimpinan DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP dan Kamaluddin ST M.Si. Kedua pejabat low profil itu langsung menemui masyarakat di sela-sela mendampingi rombongan Komisi IV DPR RI yang berkunjung ke Pulau Bungin, Selasa (22/3). Kepada SAMAWAREA, Ketua DPRD Lalu Budi Suryata, menyatakan jika jaringan pipa air bersih yang menuju Pulau Bungin tidak sesuai spesifikasi tekhnis. Harusnya pipa yang terpasang dan meupakan proyek APBN ini berukuran 6 inc, namun kenyataannya yang ditanam PDAM justru pipa berukuran 3 inc. Akibatnya air yang dialirkan debitnya kecil. “Ini hasil investigasi kami,” katanya.

Diakui Budi yang didampingi koleganya Kamaluddin ST M.Si, masalah air bersih di Bungin ini sudah terjadi sejak Tahun 1991 lalu. Melalui DPRD, aspirasi itu diperjuangkan sehingga pemerintah pusat menggelontorkan program APBN senilai miliaran rupiah untuk dilakukan revitalisasi pipanisasi PDAM. Program ini difokuskan untuk Pulau Bungin. Celakanya, terjadi pembelokan lokasi proyek. Yang seharusnya pemasangan pipa 6 inc ke Pulau Bungin, justru berbelok ke Desa Marente, Desa Dalam, Juran Alas dan Kalimango. “Ini sangat disayangkan dan perlu dilakukan investigasi lebih lanjut karena adanya indikasi penyimpangan,” tukas politisi PDIP ini.

Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata menerima aspirasi warga Bungin
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata menerima aspirasi warga Bungin

Namun yang paling penting, Budi berharap propinsi dan pemerintah pusat kembali menggelontorkan program yang sama yakni revitalisasi pipanisasi PDAM di Pulau Bungin, sehingga persoalan air bersih dapat teratasi. “Kami berharap Dirjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) konsisten dengan komitmennya yang akan mengatasi persoalan air bersih ini. Dan kami akan tetap mengawal janji ini agar secepatnya direalisasikan,” pintanya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Momentum HUT Diharapkan Jadi Ajang Intropeksi dan Motivasi

No More Posts Available.

No more pages to load.