Kembangkan Potensi Kelautan, Bupati Minta Bantuan Komisi IV DPR RI

oleh -0 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL PEMDA SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (22/03/2016)

Rombongan Komisi IV DPR RI berkunjung ke Pulau Bungin, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Selasa (22/3). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan reses komisi yang salah satunya menangani sumberdaya kelautan dan pengembangan pulau-pulau kecil. Didampingi Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, Pimpinan DPRD Lalu Budi Suryata SP dan Kamaluddin ST M.Si serta sejumlah kepala SKPD, para komisioner Senayan ini ingin melihat dari dekat salah satu potensi kelautan di daerah ini. Rombongan yang dipimpin Ir Erman Khoiri selaku Ketua Komisi IV disambut Joget Bungin yang ditampilkan tiga wanita setengah baya. Setelah itu menyempatkan diri menuju Keramba Apung—tempat budidaya ikan kerapu yang dikelola kelompok pemuda pimpinan Tison Sahabuddin. Selanjutnya rombongan yang di antaranya terdapat Titiek Soeharto—putri Presiden RI kedua ini, juga menghadiri kegiatan panen raya rumput laut di Labuhan Mapin.

Bupati Sumbawa dan rombongan Komisi IV DPR RI
Bupati Sumbawa dan rombongan Komisi IV DPR RI

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc dalam sambutan penerimaannya mengatakan, Pulau Bungin memiliki potensi wisata dan hasil laut yang cukup bagus. Namun potensi ini belum tergarap secara maksimal dan masih membutuhkan dukungan pemerintah pusat.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumbawa memiliki garis pantai terpanjang yaitu 982 kilometer. Dari 24 kecamatan yang ada, 18 di antaranya merupakan kecamatan wilayah perairan dengan beragam potensi di dalamnya. Selain itu Sumbawa memiliki 63 pulau-pulau kecil, 6 di antaranya berpenghuni. Sejumlah pulau memiliki potensi terutama wisata dan panorama alam yang luar biasa. Dengan kenyataan ini, Sumbawa menjadi daerah dengan potensi perikanan terbesar di NTB.

Baca Juga  Tekan Angka Stunting, Bunda Niken Imbau Masyarakat Rutin Konsumsi Ikan
Bupati Sumbawa HM Husni Djibril dan Titiek Soeharto (anggota Komisi IV DPR RI)
Bupati Sumbawa HM Husni Djibril dan Titiek Soeharto (anggota Komisi IV DPR RI)

Karena itu Ia berharap rombongan Komisi IV DPR RI dapat memperjuangkannya. Terlebih lagi kehadiran komisi ini didampingi sejumlah dirjen dari beberapa kementerian seperti Dirjen Holtikultura, Dirut Pengelolaan Burung Laut, dan lainnya. “Kami meminta para komisioner ini untuk peduli dengan Sumbawa agar masyarakat kami sejahtera,” pinta Bupati.

Sementara Ketua Komisi IV DPR RI sekaligus ketua rombongan, Ir Erman Khoiri mengatakan bahwa mereka wakil rakyat yang harus berada di tengah-tengah rakyat. Untuk itu sudah menjadi kewajiban mereka untuk mengurus rakyat. Yang menjadi tugas berat wakil rakyat adalah bagaimana mensejahterakan rakyat. Karenanya kehadiran mereka di tengah rakyat ini untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan rakyat dan potensi yang dimiliki suatu daerah agar dapat dikelola dan dikembangkan. “Kami ingin melihat langsung dan memastikan bahwa kondisi rakyat sesuai dengan cita-cita kemerdekaan yakni terpenuhinya rasa keadilan dan kesejahteraan. “Jadi kebangetan jika kami tidak membantu masyarakat di sini,” tandasnya, seraya meminta masyarakat untuk menjaga laut yang merupakan harta yang diberikan Allah SWT secara gratis untuk dikelola secara baik demi masa depan anak cucu mendatang. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD