Sumbawa Bisa Menjadi Produsen Keju Mozzarela

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/03/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pusat penelitian pengembangan kerbau di Italia. Sejumlah tahapan dalam kerjasama itu juga sudah dilaksanakan, salah satunya membangun UPTD Pembibitan Kerbau Sumbawa Bersinergi di Kecamatan Maronge yang kemarin dikunjungi Atase Pertanian Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Italia.

Rencananya sejumlah peneliti kerbau dari Italia juga akan berkunjung ke Sumbawa. Dengan keberadaan peneliti kerbau ini menjadi peluang bagi para peternak kerbau di Sumbawa untuk mendapatkan pelatihan. Dan sebaliknya, peternak Sumbawa akan mendapat kesempatan belajar di Italia. Hal ini diungkapkan Pakar Kerbau, Prof Suhubdy Yasin saat mendampingi Atase Pertanian, Yusral Tahir, Sabtu kemarin.

Keju Mozzarela Italia
Keju Mozzarela Italia

Sekembalinya dari Italia, ungkap Prof Suhubdy, peternak kerbau Sumbawa diharapkan sudah bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya, bukan hanya untuk kerbau di UPTD ini, tapi di tempat-tempat lain. “Jika tekhnologi ini bisa kita peroleh, Sumbawa akan menjadi tempat kedua yang bisa memproduksi keju mozzarela (keju terbaik dunia khas Italia),” demikian pakar kerbau kelahiran Sumbawa ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Puluhan Miliar Proyek 10 SKPD Belum Ditender