Sofia Noviantri Rayes Ketua GOW Sumbawa 2016-2021

oleh -42 views

“Peranan Perempuan Harus Lebih Ditingkatkan”

SUMBAWA BESAR, SR (20/03/2016)

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumbawa menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI, Sabtu (19/3) kemarin. Kegiatan yang digelar di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa ini untuk memilih kepengurusan baru periode 2016-2021. Musda VI tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah dan Ketua TP PKK Hj Amin Rahmani Husni Djibril didampingi Wakil Ketua TP PKK Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah, dan Ketua Umum GOW Kabupaten Sumbawa Periode 2010-2015 Dra Hj Masdalifah. Selain itu pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa, termasuk anggota maupun ketua dari seluruh organisasi wanita, seperti IISWARA, Dharma Wanita, TP PKK, Bhayangkari, Persit Chandra Kirana, dan organisasi wanita lainnya.

Ketua GOW, Ketua TP PKK Kabupaten dan Ketua GOW (lama)
Ketua GOW, Ketua TP PKK Kabupaten dan Ketua GOW (lama)

Untuk diketahui, dalam Musda ini Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah dilantik menjadi Ketua GOW Kabupaten Sumbawa periode 2016-2021 menggantikan Dra. Hj. Masdalifah yang telah berakhir kepengurusannya. Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Sumbawa ini diawali dengan penampilan permainan angklung siswa-siswa SLB. Kepiawaian apik para penyandang disabilitas tuan netra, tuna rungu dan tuna grahita ini mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan. “Bukan hanya untuk memilih kepengurusan baru, agenda ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, demi merumuskan program-program baru yang bermanfaat bagi organisasi, masyarakat, dan pembangunan di kabupaten ini nantinya,’’ ungkap Ketua panitia Dra Hj Sugiati Naziruddin dalam laporannya.

Baca Juga  Kadis PU Versus DPRD Klir

Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah dalam sambutan pembukaannya mengatakan, tugas yang dilakukan para perempuan yang tergabung dalam GOW tersebut sangatlah berat. Hal ini mengingat seorang perempuan memiliki peran ganda yaitu sebagai istri dan ibu, belum lagi kegiatan yang dicurahkan bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya ibu dan anak.  “Benar-benar pekerjaan yang mulia. Apalagi, saat ini daerah kita sekarang telah masuk ke kondisi darurat narkoba, di sinilah seorang ibu memegang peranan penting untuk memberi pemahaman kepada anak. Saya secara pribadi menyatakan salut terhadap perempuan,’’ ucapnya.

Musda GOW 1Wabup berharap agar keterampilan dan peran pemberdayaan wanita meningkat melalui program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah maupun instansi terkait lainnya. Ia juag berharap dalam pelaksanaan Musda itu dapat merumuskan, serta menghasilkan program-program baru yang bermanfaat baik bagi GOW maupun bagi organisasi lainnya.

Sementara itu Ketua GOW Kabupaten Sumbawa Periode 2010-2015 Dra. Hj. Masdalifah Arasy Muhkan mengungkapkan, GOW telah berperan aktif dalam banyak kegiatan sosial di masyarakat, dan terus menciptakan perempuan-perempuan yang terampil yang mampu mendukung ekonomi keluarga. Hj Masdalifah mengucapkan selamat atas terpilihnya Dra. Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah sebagai Ketua Umum Organisasi Wanita (GOW) periode 2016-2021, berharap akan lebih memantapkan langkah GOW Kabupaten Sumbawa ke depan.

Hal senada dikatakan Ketua TP PKK Hj Amin Rahmani Husni Djibril. Ia menyampaikan bahwa GOW sebagai organisasi kemasyarakatan merupakan mitra penting pemerintah dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan. Diharapkan kepada Ketua Umum terpilih GOW nantinya dapat berperan aktif dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak. GOW juga harus aktif melakukan kegiatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan wanita terampil, kreatif dan inovatif dalam rangka pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga. ‘’Di samping itu, GOW harus berada di depan untuk memperjuangkan program kesetaraan gender yang ditandai dengan semakin optimalnya peran perempuan dalam berbagai bidang kehidupan,’’ ungkapnya.

Baca Juga  AMNT Didesak Bangun Smelter dan Dermaga Teluk Santong

Musda GOW 2Ketua Umum Gabungan Organisasi Wanita Terpilih, Noviantri Rayes Mahmud Abdullah mengucapkan terimakasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya. ‘’Saya akan terus belajar, dan memohon bantuan rekan-rekan untuk menjadikan GOW Kabupaten Sumbawa sebagai organisasi yang patut menjadi teladan bagi organisasi-organisasi lainnya. Dan dapat terus meningkatkan kemampuan perempuan-perempuan khususnya di Kabupaten Sumbawa untuk berperan aktif dalam mendukung visi dan misi menciptakan masyarakat yang memiliki daya saing, hebat dan bermartabat,’’ pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD