Cek Kosong Proyek IGD Resmi Ditangani Polisi

oleh -33 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/03/2016)

Persoalan Proyek Pembangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sumbawa belum selesai. Bahkan kian rumit dan semakin alot. Setelah para pekerja yang mengaku sebagai subkontraktor pengerjaan proyek senilai Rp 3 Milyar lebih ini melakukan aksi pembongkaran pintu dan AC, kini mereka menempuh upaya hokum. Langkah ini diambil setelah para pekerja tersebut menerima cek kosong dari Kuasa Direktur Proyek dimaksud, 12 Februari lalu. Laporan polisi ini dilayangkan Ery Suryanto—selaku subkontraktor, Kamis (17/3) siang tadi. Laporan polisi itu tercatat di Polres Sumbawa dengan nomor LP/164/III/2016/SPKT. Kini laporan itu sedang ditangani penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim).

Ini dia cek yang dikatakan kosong
Ini dia cek yang dikatakan kosong

Ditemui SAMAWAREA usai membukukan laporannya, Ery Suryanto menuturkan, kasus cek kosong berawal ketika dia dan terlapor berinisial SA memiliki hubungan kerja proyek pembangunan IGD RSUD Sumbawa. Setelah menyelesaikan item pekerjaan sebagaimana perjanjian kontrak termasuk pengadaan AC dan Exsospen, pelapor meminta uang pembayaran. Pembayaran itu mencapai Rp 77,3 juta senilai total harga 11 unit Air Conditioner (AC) dan 11 unit Exsospen sebab ada penagihan dari toko tempat membeli barang dimaksud yakni Toko 55 Elektronik. Terhadap permintaan pelapor ini, oknum kuasa direktur dimaksud memberikan cek senilai Rp 77,3 juta pada 6 Februari. Cek itu dititipkan kepada Ahmad—anak buahnya.

Selanjutnya cek itupun dicairkan. Pelapor bersama Agus Heryanto (pemilik Toko 55 Elektronik) berangkat ke Kantor Bank NTB Cabang Sumbawa untuk mencairkannya. Dari penjelasan karyawan Bank setempat, cek itu tidak bias dicairkan karena dalam keadaan kosong. Tentu saja pelapor dan saksi terkejut dan merasa telah tertipu. Setelah upaya kekeluargaan ditempuh tidak membuahkan hasil, Heri—sapaan akrab pelapor resmi lapor polisi. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Kapolda NTB Komit Jamin Terciptanya Kamtibmas di Sumbawa