Cegah Penyalahgunaan Senpi, Polisi Ikut Tes Psikologi

oleh -62 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/03/2016)

Sebanyak 151 anggota Polres Sumbawa mengikuti tes psikologi. Kegiatan yang langsung dipandu Bagian Psikologi Polda NTB ini dilaksanakan di polres setempat, Kamis (17/3) siang tadi ini. Para peserta tes ini mulai anggota yang berpangkat Briptu hingga perwira, termasuk beberapa di antaranya Kapolsek. Mereka adalah anggota mengajukan perpanjangan penggunaan senjata api (senpi) maupun yang ingin menggunakan senpi.

Kabag Psikologi Polda NTB, AKBP Adi Sumirat SIK SH MH dan Wakapolres Sumbawa, Kompol Yuyan Priatmaja SIK
Kabag Psikologi Polda NTB, AKBP Adi Sumirat SIK SH MH dan Wakapolres Sumbawa, Kompol Yuyan Priatmaja SIK

Kepala Bagian (Kabag) Psikologi Polda NTB, AKBP Adi Sumirat SIK SH MH yang dikonfirmasi SAMAWAREA, mengatakan, tes psikologi ini dilakukan setiap 6 bulan sekali guna meminimalisir terjadinya penyalahgunaan penggunaan senpi oleh anggota Polri. Tes psikologi ini mengukur sikap atau prilaku anggota yang dikategorikan dalam dua aspek yaitu pencetus dan penghambat.  “Dari hasil pemeriksaan tes psikologi ini kami ingin melihat bagaimana tingkat emosi dan prilaku anggota apakah memenuhi syarat atau tidak untuk memperoleh senjata api. Bisa saja yang sebelumnya memegang senpi setelah hasil tes tidak lagi diperkenankan untuk menggunakan senpi. Ini tergantung dari hasil tes nantinya,”  jelasnya.

Tes Psikologi 1Waktu yang diberikan kepada para peserta untuk mengisi soal pada tes ini sekitar 1-2 jam. Ada tiga item tes yaitu tes kepribadian, sikap kerja, dan tes kecerdasan atau logika berpikir. “Tiga item ini untuk mengukur sikap kerja, emosional, dan kecerdasan atau intelektualitas anggota,” ucap perwira low profil dengan dua melati di pundak ini.

Baca Juga  Tiga Truk Sonokling Dinyatakan Hasil Kebun

Wakapolres Sumbawa, Komisaris Polisi (Kompol) Yuyan Priatmaja SIK mengatakan, tes psikologi ini dinilai sangat penting untuk menghindari anggota melakukan hal-hal di luar prosedur terutama dalam penggunaan senjata api. Artinya, anggota yang memegang senjata api bukan orang sembarangan melainkan yang sudah melalui tes dan mekanisme yang diatur dalam peraturan Kapolri. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.