Pemda Yogyakarta Belajar KB di Sumbawa

oleh -51 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/03/2016)

Keberhasilan Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sumbawa yang kerap mendapat apresiasi nasional bahkan nasional, memantik ketertarikan Pemerintah Daerah Istimewa Yogkarta. Kemarin, rombongan Pemda tersebut berkunjung ke Sumbawa sekaligus menimba ilmu bagaimana upaya-upaya penyelenggaraan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Sumbawa.

Kunker DIYKehadiran rombongan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta ini diterima langsung Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc didampingi Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah, Dandim 1607 Letkol Inf Agus Supriyanto, dan Ketua PKK Kabupaten Sumbawa beserta para Kepala SKPD termasuk Kepala BKBPP Ir A Yani di Wisma Daerah, Selasa (15/3) tadi malam.

Pimpinan Rombongan DIY, drg Retno Nurmawati M.Kes menyampaikan terima kasih atas penyambutan Pemerintah Sumbawa. Menurutnya, lembaga pemberdayaan masyarakat dan KB ternyata memiliki nama dan unsur yang berbeda sesuai dengan bentukan di kabupaten dan kota masing-masing. Namun demikian memiliki satu wadah dalam pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan perempuan dan KB. “Kami bersama rombongan ini datang ke Sumbawa ingin melihat bagaimana mengelola dan melaksanakan kepemerintahan ini, serta metode apa yang dapat disampaikan dalam membina anak dalam lembaga atau kelompok yang dibawahi agar bisa bergerak dan bisa maju. Kami yakin bahwa pemerintahan di sini bagus dalam pengelolaannya dan hal tersebut menjadi potensi dasar kami untuk berkunjung ke Sumbawa,” paparnya. Segala administrasi, pola, dan teknik manajemen dalam menata pengelolaan metode seperti apa yang diterapkan di Sumbawa, diharapkan bisa diterapkan di DIY. “Kami ingin sekali mengetahui bagaimana BKBPP di Sumbawa bisa mengatur waktu untuk keluarga dan pola mendidik anak yang baik sehingga menjadi juara di tingkat nasional,” lanjutnya.

Baca Juga  Bupati Sumbawa Minta Kawal Program PKH

Kunker DIY 2Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc dalam sambutan penerimaannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan yang menyempatkan diri berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. “Meski beragam, warga Kabupaten Sumbawa sampai saat ini senantiasa kokoh dalam semangat kebersamaan dan saling menghargai dalam payung Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proses akulturasi budaya antar penduduk menjadi perekat yang menguatkan persaudaraan di daerah ini,” ucapnya.

Sesuai dengan agenda kunjungan Pemda DIY terkait dengan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Berencana, Pemerintah Kabupaten Sumbawa sangat berkomitmen memberikan dukungan demi suksesnya pelaksanaan program Keluarga Berencana di daerah ini. Upaya-upaya strategis lainnya dalam rangka penguatan pembangunan Keluarga Berencana adalah dengan menjadikan program “Kampung KB” menjadi program strategis daerah sehingga akan ditindaklanjuti dengan segera membentuk satu kampung KB di tiap-tiap kecamatan dalam periodik waktu di Tahun 2016. “Alhamdulillah atas upaya-upaya pembangunan di bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga berencana, kami juga telah memperoleh apresiasi baik pada level regional Nusa Tenggara Barat maupun nasional, bahkan daerah ini atas dimensi pengelolaan dan advokasi program sering memberikan paparan dan ekspose program di tingkat nasional, bahkan terakhir paparan advokasi program Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) mewakili Indonesia bersama Kabupaten Tuban Jawa Timur pada Konferensi Internasional Keluarga Berencana di Nusa Dua Bali,” tambahnya. Bupati berharap melalui forum ini akan tercipta dialog atau interaksi informasi antara dua daerah, Sumbawa dan DIY. “Kami juga ingin pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa menjalin silaturrahmi dan kerjasama yang sinergis dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta,” harap Bupati. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.