Jalan Propinsi yang Belum Tembus di KSB Tuntas

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/03/2016)

Kondisi jalan propinsi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sedikit lebih baik daripada kondisi jalan di Kabupaten Sumbawa. Ketika Kabupaten Sumbawa masih memiliki jalan propinsi yang dalam kondisi belum tembus sepanjang 111,80, justru KSB sebaliknya. Tidak ada jalan propinsi yang belum tembus di KSB semua sudah tuntas atau 0 persen. Hanya dari 76,20 kilometer jalan propinsi di KSB, 10,45 kilometer di antaranya dalam kondisi kritis, 4,70 kilometer tidak mantap, selebihnya 61,05 kilometer dalam keadaan mantap. Demikian diungkapkan Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilayah Sumbawa, Jamaluddin Malady S.Sos. MT kepada SAMAWAREA, Selasa kemarin.

Jamaluddin Malady MT, Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Prov NTB Wil Sumbawa
Jamaluddin Malady MT, Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Prov NTB Wil Sumbawa

Terhadap kondisi jalan yang masih tidak mantap dan kritis ini akan diupayakan untuk dituntaskan. Lagi-lagi tergantung ketersediaan anggaran. Selama ini pihaknya tetap melakukan pemeliharaan rutin dan Tahun 2016 ini dilakukan hal yang sama untuk jalan propinsi di KSB sepanjang 61,64 kilometer meliputi jalan Benete—Sejorong, Sejorong—Tatar—Bts KSB, dan ruas jalan Simpang Tano—Simpang Seteluk.

Namun demikian secara umum jalan propinsi di KSB maupun Kabupaten Sumbawa sebenarnya sudah tidak efektif lagi dilakukan dengan Program Pemeliharaan Rutin. Hal ini karena tidak konsistennya anggaran pemeliharaan dimaksud atau belum mengacu pada HSPK yang dialokasikan setiap tahun. Persoalan lain, secara kuantitatif maupun kondisi, alat-alat berat yang ada pada Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilayah Sumbawa sangat terbatas. Alat berat yang ada milik eks Kanwil Departemen PU yang kondisinya sudah tidak layak pakai dan sangat tidak memadai untuk menunjang percepatan melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin jalan dan selama ini pihaknya melakukan pinjam pakai alat Satker APBN. Ia berharap ddengan adanya program PRIM-INDII Anggaran Biaya Pemeliharaan Rutin bisa menyesuaikan, sehingga pemeliharaan jalan dapat berjalan dengan maksimal sesuai harapan. Selain itu Anggota DPRD NTB Dapil V dapat memperjuangkan penambahan anggaran bagi penanganan jalan di Sumbawa dan KSB, serta mengupayakan pengadaan alat berat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Catat Kinerja Ekonomi Baik, Sumbawa Raih “Regional Marketing Award”

No More Posts Available.

No more pages to load.