Terganjal Konsesi Tambang, Labangka Komplek Sulit Terwujud

oleh -67 views
Kepala BWS NT Provinsi NTB, Ir Asdin

SUMBAWA BESAR, SR (15/03/2016)

Harapan masyarakat Kabupaten Sumbawa khususnya Kecamatan Labangka dan sekitarnya bagi terwujudnya Bendungan Labangka Kompleks, harus dikubur dalam-dalam. Pasalnya bendungan yang dapat mengairi lahan pertanian seluas 10 ribu hektar ini tidak akan terealisasi sepanjang lahannya masih berada di wilayah konsesi tambang PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Hal ini ditegaskan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara Propinsi NTB, Ir Asdin yang dikonfirmasi SAMAWAREA usai menghadiri kegiatan Reses Anggota DPRD NTB Dapil V di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (14/3) kemarin.

Sulitnya Labangka Komplek terealisasi ungkap Asdin—akrab Ia disapa, karena bendungan sangat kontradiksi dengan keberadaan tambang. “Apapun alasannya ketika berada di wilayah lingkar tambang, kami tidak berani memprogramkan pembangunan Labangka Komplek,” tandasnya.

Disinggung mengenai adanya informasi jika sebagian wilayah konsesi PTNNT di Kabupaten Sumbawa sudah dilepas dan tidak termasuk wilayah perencanaan pembangunan Labangka Komplek, Ia mengaku belum mengetahuinya langsung dari Pemda Sumbawa. Apabila Kabupaten Sumbawa mengusulkan bahwa Labangka Komplek tidak masuk dalam lingkar tambang PTNNT, pihaknya siap meneruskannya ke pusat sekaligus dibuatkan desainnya. “Sampai sekarang kami belum mendapatkan usulan dan penegasan soal tidak masuknya Labangka Komplek ke dalam wilayah konsesi PTNNT,” akunya.

Dodo Rinti, wilayah Konsesi PTNNT di Kabupaten Sumbawa
Dodo Rinti, wilayah Konsesi PTNNT di Kabupaten Sumbawa

Diakui Asdin, lahan pembangunan Bendungan Labangka Komplek yang telah direncanakan dinilai sangat layak. Hal ini berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa tahun lalu. Airnya dan luas lahan yang diairi bendungan tersebut sudah memenuhi syarat. Hanya yang menjadi kendala adalah berada di wilayah lingkar tambang atau konsesi PTNNT. “Tambang PTNNT dan Bendungan Labangka Komplek sama-sama penting dan mendukung pembangunan di Kabupaten Sumbawa. Jadi untuk mewujudkannya harus mengorbankan salah satunya,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Baru Johan Rosihan Pejabat Daerah yang Kunjungi Karang Bage

No More Posts Available.

No more pages to load.