Imigrasi Sumbawa Ungkap Maraknya Nomor KTP Ganda

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/03/2016)

Setiap harinya petugas Imigrasi Sumbawa menemukan nomor KTP ganda. Nomornya sama tapi identitas di KTP nya yang berbeda. Nomor KTP ganda tersebut terungkap ketika dilampirkan sebagai salah satu persyaratan dalam pengurusan passport ke luar negeri.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa, Drs Syahrifullah yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Selasa (15/3), mengakui temuan tersebut. Setiap harinya ada saja nomor  KTP ganda yang ditemukan bahkan hingga sampai 2-3 KTP. Meski demikian pihaknya belum bisa memastikan dokumen KTP itu asli atau palsu karena harus dikroscek lebih lanjut ke Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil. “Yang kami temukan bukan dari Sumbawa saja tapi seluruh kabupaten/kota di Pulau Sumbawa, ada juga dari Lombok Timur,” ungkapnya.

Kepala Imigrasi Klas II Sumbawa Besar, Drs Syarifullah
Kepala Imigrasi Klas II Sumbawa Besar, Drs Syarifullah

Untuk memastikan kecurigaan itu, lanjut Syahrifullah, pihaknya harus menunggu seminggu lagi sejak dikirim ke Disdukcapil. Dari beberapa yang dikonfirmasi, terungkap jika dokumen itu dipalsukan karena Capil mengaku tidak mengetahuinya atau tidak tercatat. “Ini dipalsukan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan pasport baru,” ujarnya. Terhadap adanya pemalsuan ini, Imigrasi menolak penerbitan pasport pemohon. Selain itu berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk diambil tindakan hukum. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Ban Pecah, Metromini Nyungsep di Selokan