Delapan Legislator Udayana Siap Tuntaskan Aspirasi Dapil V

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (14/03/2016)

Berbagai persoalan daerah terungkap dalam kegiatan reses Anggota DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB) dari Daerah Pemilihan V (Sumbawa dan KSB). Kegiatan yang digelar di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (14/3) ini dihadiri langsung Bupati HM Husni Djibril B.Sc, Ketua DPRD Sumbawa Lalu Budi Suryata SP, Asisten I Pemerintahan Dr HM Ikhsan M.Pd, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, Kajari Paryono SH MH dan Dandim 1607 Letkol (Inf) Agus Supriyanto serta sejumlah staf ahli, kepala SKPD, pimpinan BUMN dan BUMD. Sedangkan anggota DPRD NTB terdiri Nurdin Ranggabarani SH MH (Fraksi PPP) selaku koordinator, H Johan Rosihan ST (Fraksi PKS), Baijuri Bulkiah SH (Fraksi Demokrat), Burhanuddin Jafar Salam SH (Fraksi PAN), Ir H Busrah Hasan (Fraksi Golkar), Hj Rahmah JM (Fraksi Hanura), Firman (Fraksi PDIP), dan M Thalib (Fraksi Gerindra).

Yang paling menonjol dibahas adalah kasus illegal logging yang marak terjadi di wilayah hukum Polres Sumbawa. Hampir semua hutan Sumbawa dibabat para pelaku. Hal ini terungkap dari hasil operasi gabungan yang digelar kepolisian, TNI, Polhut dan KPH Batu Lanteh. Ratusan kubik kayu berhasil disita dan kini dalam proses hukum. Yang menjadi kendala yang dihadapi tim gabungan adalah masalah anggaran penyelidikan dan penyidikan. Harusnya anggaran ini mendapat dukungan provinsi mengingat kewenangan kehutanan telah diambil alih pemerintah provinsi. Selanjutnya soal narkoba yang dinilai sangat miris. Salah satu kendalanya adalah tidak adanya BNN di Kabupaten Sumbawa. Karena itu DPRD NTB diminta untuk memperjuangkannya. Kemudian meminta DPRD NTB merealisasikan bendungan yang diusulkan dan hingga belum direalisasikan seperti Labangka Komplek di Kecamatan Labangka, Kerekeh Kecamatan Unter Iwis, dan Tiu Rarang Kecamatan Lopok.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus Hanura Sumbawa Momen Perkuat Kebhinekaan
Anggota DPRD NTB Dapil V
Anggota DPRD NTB Dapil V

Dalam reses itu juga terungkap masalah BPR NTB dan Bank NTB Cabang Sumbawa yang membutuhkan perhatian dalam suntikan modal. Untuk Bank NTB sejauh ini modal inti harus sudah mencapai Rp 1 Triliun di akhir Tahun 2016. Jika tidak tercapai, Bank NTB terancam tidak bisa masuk tahun buku II, yang artinya tidak dapat melakukan ekspansi atau bisa jadi dibekukan. Demikian dengan BPR NTB yang juga meminta suntikan dana dari pemerintah daerah selaku pemegang saham. Aspirasi lainnya adalah masalah jalan propinsi yang sejauh ini belum tertangani secara maksimal. Ada juga jalan kabupaten yang diupayakan untuk dirubah statusnya menjadi jalan propinsi sehingga tidak menyedot anggaran kabupaten terutama dalam hal pemeliharaan dan hotmix. Semua permasalahan itu diharapkan dapat menjadi perhatian para legislator Udayana tersebut untuk diperjuangkan dan direalisasikan.

Menjawab hal itu Nurdin Ranggabarani SH MH selaku Koordinator Reses, mengatakan, kehadiran mereka secara fisik ini sebagai bentuk komitmen untuk memperjuangkan aspirasi pemerintah daerah dan masyarakat Sumbawa dan KSB. Dalam memperjuangkan aspirasi tersebut mereka tidak lagi berbicara komisi dan fraksi maupun dari partai politik mana. Mereka menyatu sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan V yang meliputi Sumbawa dan KSB. Artinya apapun yang menyangkut permasalahan dua daerah ini menjadi perhatian mereka dan wajib untuk diperjuangkan. “Bersatunya kekuatan dari fraksi, komisi dan parpol yang berbeda ini menjadi daya dorong yang luar biasa dalam memenuhi aspirasi masyarakat dan pemerintah di dua daerah ini,” ucap Nurdin Raba—akrab politisi PPP yang dikenal vocal ini.

Baca Juga  Bupati Diingatkan Jangan Terlalu Sering Wacanakan Mutasi

Karenanya ia meminta semua SKPD mengidentifikasi permasalahan lalu dibuatkan proposal dengan rekomendasi Bupati untuk diberikan kepada mereka guna dijadikan catatan dalam menyuarakan aspirasi tersebut. “Kami sangat mempersiapkan diri untuk kerja-kerja seperti ini. Atas dorongan itulah kami hadir di sini dan berharap kerjasama seperti ini terus berlangsung sampai akhir masa jabatan kami ke depan. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.