Kapolres AKBP Muhammad, Peka dan Selalu Berbagi

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/03/2016)

Selalu dekat dengan masyarakat dan ingin berbagi, itulah yang selama ini dilakoni AKBP Muhammad SIK. Tidak ada kesan eksklusif yang tampak pada diri Perwira dengan dua melati di pundak ini. Tanpa sekat dan selalu berbaur dengan siapa saja dan dimana saja. Bahkan mantan Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Polda NTB ini sangat peka jika melihat ataupun mendengar informasi ada warga yang mengalami kesulitan ekonomi. Sudah banyak yang dibantu dan jarang terpublikasi, bahkan penerima bantuan terkaget-kaget dan tersanjung dengan kehadiran pejabat kepolisian tersebut. Seperti yang dilakukannya, Rabu (9/3). Usai sholat gerhana berjamaah di Masjid Agung Nurul Huda, Kapolres langsung beranjak ke Karang Bage Kelurahan Bugis, setelah mendapat informasi dari salah satu jamaah ada seorang warga yang sakit. Namanya Abdul Rahim (23 tahun). Pemuda ini baru saja menjalani rawat inap (opname) selama dua minggu di RSUP HL Abdul Kadir Manambai. Dia didiagnosa mengalami kerusakan di paru-paru dan ginjalnya. Meski biaya pengobatan ditanggung Kartu Indonesia Sehat (KSI) namun untuk asupan gizi, Rahim tidak mampu. Sebab dia hanya tinggal bertiga dengan seorang adiknya, dan ayahnya yang sudah lama menduda. Ayahnya Muhammad Endin merupakan Marbot–pengurus Mushollah di lingkungan setempat yang setiap usai sholat subuh mencari nafkah dengan menjadi pemulung–mencari barang-barang bekas untuk dijual guna menyambung kelangsungan hidupnya. Anaknya Rahim sebelumnya membantu ayahnya menjual kacamata dan pernak-pernik milik tetangga yang hasilnya tidak menentu. Karena sakit yang menderanya, Rahim sudah tidak bisa mencari nafkah. Prihatin dengan hal ini Kapolres spontan datang menjenguk sekaligus memberikan bantuan ala kadarnya. “Terima kasih Kapolres atas kunjungan dan bantuannya, semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang luar biasa,” ujar Amek—akrab Muhammad Endin  ayah Rahim ini disapa.

Baca Juga  Desak Kades Poto Dicopot, Massa Corat-coret Kantor Desa

Bantuan itu akan digunakan untuk menambah asupan gizi bagi Rahim, serta biaya transportasi kontrol kesehatan setiap seminggu sekali di RSUP. “Bantuan ini tidak seberapa, semoga dapat membantu meringankan beban bapak dan adik yang sakit ini,” ucap Kapolres.

Kapolres Peduli 1Kebiasaan lain orang nomor satu di jajaran Polres Sumbawa ini adalah menghilang dan menghindar dari ‘protokoler’ sehingga kerap tak diketahui ajudan dan sopirnya. Hampir setiap malam menggunakan sepeda motor keluar masuk kampung seorang diri. Selain ingin mengetahui wilayahnya secara utuh juga menyerap informasi mengenai kondisi Kamtibmas. Tidak heran jika Kapolres lebih cepat mendapat informasi daripada anggotanya yang notabene bertugas dan menguasai wilayah tersebut. Tidak jarang juga Kapolres santun ini mendatangi kediaman wartawan sebagai upaya kongkrit dalam mempererat jalinan silaturahim dan kemitraan antara kepolisian dan jajaran pers. Bukan hanya itu, melalui hoby trailnya Kapolres kelahiran 1975 ini, melakukan Sambang Desa sehingga hampir semua pelosok dijamahnya termasuk Tepal Batu Lanteh, Mate Kecamatan Alas, dan Kecamatan Ropang yang rata-rata akses transportasi dan komunikasi terisolir. Komunikasi ala Kalifah Umar bin Hattab tersebut terbilang sangat efektif dan selalu mendapat apresiasi masyarakat.

Pesan yang selalu digaungkan kepada jajarannya “Jangan merebut harta masyarakat, tapi rebutlah hatinya. Ketika hatinya telah direbut maka apapun yang diinginkan polisi dalam rangka menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah akan selalu mendapat dukungan masyarakat” demikian jebolan Sespim Tahun 2012 ini. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.