Gerhana Matahari di Sumbawa Disambut dengan Sholat Berjamaah

oleh -15 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/03/2016)

Meski hanya terkena imbas gerhana matahari total, namun masyarakat Kabupaten Sumbawa menyambut fenomena alam tersebut dengan sukacita. Rasa tersebut diimplementasikan dengan menggelar Sholat Gerhana berjamaah yang dipusatkan di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Rabu (9/3) pagi.

Kegiatan ibadah yang dipimpin H Munajat LC M.Hi ini berlangsung khusyuk. Hadir sejumlah pejabat di antaranya Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, Dandim Letkol Inf Agus Supriyanto, Ketua Muhammadiyah Ust H Faisal Salim S.Ag dan Ketua Baznas Sumbawa Ust Ahmad Syaichu. Ribuan jamaah sholat gerhana ini sudah hadir sejak pukul 07.00 Wita. Sholat baru dilaksanakan setelah munculnya gerhana sekitar pukul 08.15 Wita. Namun sebelum sholat, sejumlah jamaah sempat mengabadikan moment langka tersebut melalui handphone.

Sholat Gerhana 2Imam sekaligus Khotib Sholat Gerhana Matahari, H Munajat LC M.Hi yang ditemui SAMAWAREA, mengatakan, gerhana matahari adalah peringatan dan tanda-tanda kekuasaan Allah atas orang-orang beriman. Di mana seorang muslim harus menyiapkan diri dengan baik dan melakukan sesuatu yang telah menjadi anjuran dan tuntunan Rasulullah SAW. Gerhana Matahari pernah terjadi sekali pada jaman Rasulullah yang disambut dengan sholat secara berjamaah. “Kegiatan yang kita lakukan ini salah satunya upaya untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW, serta menyambut gerhana ini dengan cara beribadah dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan agama,” katanya.

Baca Juga  Gubernur NTB: Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan Besar Dunia Pendidikan
Jamaah Sholat gerhana antusias abadikan gerhana matahari total
Jamaah Sholat gerhana antusias abadikan gerhana matahari total

Gerhana Matahari yang dinyatakan para ahli sebagai fenomena alam kerap disambut umat lainnya dengan berkumpul di pantai mendatangkan artis dan menggelar hiburan tanpa memikirkan perintah Allah SWT. Karena itu Ia mengaku sangat bersyukur bahwa di Kabupaten Sumbawa dan didukung penuh pemerintah daerah menyambutnya dengan kegiatan ibadah sebagai pelajaran yang sangat berharga untuk mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. “Kita berharap dengan ibadah yang kita laksanakan saat ini melindungi kita masyarakat Sumbawa dari azab Allah dan menjadikan daerah ini aman, tenteram dan damai,” demikian Ustadz Munajat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.