Sumbawa Daerah Rawan, Bupati Ingatkan Waspada Polio

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/03/2016)

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc menilai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Tahun 2016 memiliki nilai yang strategis buat di Kabupaten Sumbawa dan Bangsa Indonesia, yakni untuk memantapkan eradikasi polio di Indonesia dengan mempertahankan cakupan imunisasi polio lebih besar atau sama dengan 95%,  di samping melindungi balita Indonesia dari kemungkinan penularan polio karena virus polio import. “Sumbawa saat ini berada dalam jalur trans nusantara yang setiap hari dilalui oleh kendaraan yang dari Jawa (bahkan Sumatera) ke NTT. Daerah kita sangat strategis untuk tempat peristirahatan sementara (transit). Posisi yang strategis ini di satu sisi menguntungkan kita, namun di sisi lain harus kita waspadai karena berpeluang sebagai tempat transfer penyakit, termasuk penyakit polio yang kita perangi bersama saat ini,” katanya mengingatkan.

Husni PIN 5Karena itu Bupati mengajak masyarakat Sumbawa untuk mendukung pelaksanaan pekan imunisasi ini dengan membawa anak-anak yang berusia 0-59 bulan ke Pos PIN untuk mendapatkan imunisasi polio. Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya dalam memberikan perlindungan yang optimal dari penyakit polio. “Mari kita berinvestasi dan penuhi semua kebutuhan dan hak-hak yang berkaitan dengan kesehatan pada anak-anak untuk kepentingan masa depan tana Samawa dan Indonesia,” ajaknya.

Husni PIN 4Selain pencanangan PIN, Bupati juga menyerahkan “Reward Desa BASNO” dari Gubernur Nusa Tenggara Barat kepada 10 orang kepala desa yang mampu memimpin dan mengantar warga desanya untuk berperilaku tidak lagi membuang air besar sembarangan. “Reward ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi Gubernur kita untuk mempercepat terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat melalui pemasyarakatan pemanfaatan jamban yang sehat dan aman bagi masyarakat dan lingkungannya,” ujarnya.

Baca Juga  Puskesmas Pulau Moyo Mulai Dibangun

Jika dikaitkan dengan imunisasi polio ini, sambung Bupati, semangat BASNO sejalan dengan upaya pengendalian virus polio. Seperti yang didengardan dibaca bahwa virus polio liar yang diperangi melalui program imunisasi ternyata lokasinya bersebaran di lingkungan sekitar termasuk di tinja manusia. Makanya saya berharap masyarakat memanfaatkan pekan imunisasi polio, dan melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan,” himbaunya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.