PIN, Upaya Wujudkan Sumbawa Bebas Polio

oleh -69 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (08/03/2016)

Kementerian Kesehatan RI menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) serentak di seluruh Indonesia, Selasa (8/3). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyukseskan program pemerintah dalam memberantas virus polio pada anak–anak usia dini. Untuk di Kabupaten Sumbawa, pencanangan PIN dipusatkan di Puskesmas Unit II Sumbawa wilayah Kelurahan Brang Biji, bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa bebas polio.

Husni PIN 1Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs Didi Darsani, A.Pt dalam laporannya mengatakan, PIN digelar dalam rangka mempertahankan cakupan imunisasi polio lebih besar dari 95%, serta melindungi balita Indonesia dari kemungkinan penularan virus polio import. Sasaran PIN Polio tahun ini adalah balita usia 0–59 bulan. Jumlah sasaran riel berdasarkan pendataan hingga Selasa (8/3) hari ini pukul 07.00 WITA sebanyak 40.877 jiwa. Pemberian imunisasi polio dilaksanakan di 750 pos PIN di Kabupaten Sumbawa tersebar di posyandu, rumah sakit, pasar, terminal, pelabuhan laut di Badas, dan Bandara Sultan Kaharuddin III. Metode imunisasi adalah pemberian vaksin polio dengan cara ditetes (2 tetes) di mulut. Pelaksana layanan imunisasi, lanjutnya, adalah petugas kesehatan yang sebelumnya telah diberikan orientasi tentang pelaksanaan imunisasi polio serta dibantu kader kesehatan di masing–masing desa/dusun untuk kegiatan pencatatan, penulisan, dan pendistribusian undangan ke orang tua sasaran, serta pengarahan sasaran ke pos PIN terdekat. “Jumlah petugas yang terlibat sebagai vaksinator sebanyak 750 orang serta kader kesehatan sebanyak 2.250 orang. PIN akan dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 8 hingga 15 Maret 2016. Meskipun secara nasional dilaksanakan selama sepekan, namun di Kabupaten Sumbawa PIN akan berlangsung 5 hari yaitu 8–12 Maret 2016,” ungkapnya.

Baca Juga  PTAMNT Dinilai Langgar Komitmen

Husni PIN 2Di sela –sela pembukaan PIN, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, B.Sc menyerahkan hadiah dari Gubernur NTB untuk 10 desa Buang Air Besar Sembarangan Nol (BASNO) secara simbolis. Di antaranya, Kelurahan Lempeh Kecamatan Sumbawa, Desa Satoe Brang Kecamatan Utan, Desa Luar Kecamatan Alas, Desa Banda Kecamatan Tarano, Desa Mamak Kecamatan Lopok, Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir, Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu, Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, Desa Luk Kecamatan Rhee, dan Desa Kalimango Kecamatan Alas. (JEN/SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *