Wabup Minta ASN Tingkatkan Kualitas Kinerja

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/03/2016)

Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara, memiliki peranan dalam menentukan keberhasilan penyelenggara pemerintahan dan pembangunan. ASN yang mampu memainkan peranan tersebut adalah aparatur yang mempunyai kompetensi yang baik ditandai dengan sikap dan perilakunya yang setia dan taat kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah saat membuka kegiatan Diklat Prajabatan CPNS K2 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (7/3) kemarin.

Untuk membentuk sosok aparatur tersebut ungkap Wabup, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan maupun pelatihan (diklat). Diklat prajabatan merupakan pembekalan yang kompherensif agar calon pegawai asn mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus pelayan masyarakat. Diklat prajabatan juga bertujuan untuk membentuk karakter, disiplin dan etika sebagai aparatur sipil negara dalam rangka pembinaan SDM aparatur yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Prajabatan ASNUntuk itu Aparatur Sipil Negara diharapkan mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan melalui peningkatan kualitas kinerja dan profesionalitasnya dalam melaksanakan pelayanan publik. “Sangat penting bagi segenap peserta diklat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Perlu saya ingatkan kembali bahwa diklat prajabatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika aparatur sipil negara, di samping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan, bidang tugas, dan budaya organisasinya,” ujar Haji Mo’—sapaan singkat Wabup Sumbawa.

Baca Juga  Bertambah 7, Kini 258 Orang di NTB Sembuh dari Covid

Ia mengingatkan kembali bahwa salah satu dari lima instruksi yang pertamakali disampaikan adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu diminta kepada para peserta Diklat Parajabatan agar setelah selesai mengikuti diklat untuk segera melaksanakan instruksi tersebut selaku abdi negara dan abdi masyarakat, dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sumbawa sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. “Jangan terbebani dengan isu mutasi yang akhir–akhir ini merebak. ‘Kalaupun ada mutasi, kami pimpinan daerah akan melakukannya sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD