Segera Ganti Status, 541 CPNS K2 Didiklat

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/03/2016)

Sebanyak 541 orang CPNS yang diangkat dari tenaga honorer Kategori 2 (K2) terlihat sumringah. Penantian mereka untuk menyandang status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) akan segera terwujud. Sebab mulai Senin (7/3) kemarin hingga 24 Mei mendatang, mereka mulai mengikuti Diklat Prajabatan. Diklat Prajabatan CPNS Golongan I, II, dan III ini diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKPP Provinsi NTB. Kegiatan yang berlangsung selama beberapa bulan ini dalam rangka membentuk para CPNS agar memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik.

Prajabatan ASN 3Dalam laporannya pada pembukaan Diklat di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Senin (7/3) kemarin, Kepala BKPP Kabupaten Sumbawa Drs H Hasan Basri menyampaikan bahwa seluruh peserta diklat prajabatan adalah CPNS yang diangkat dari tenaga honorer K2 berstatus sebagai CPNS yang dinyatakan dengan SK pengangkatan sebagai CPNS. Jumlah peserta sebanyak 541 orang dengan rincian, 215 orang laki–laki dan 326 orang perempuan. Golongan I sebanyak 9 orang, golongan II 480 orang, dan golongan III 52 orang. Dari jumlah peserta prajab ini formasi tenaga guru paling banyak yaitu 434 orang, lalu tenaga administrasi 100 orang, dan tenaga kesehatan hanya 7 orang. Diklat prajabatan dibagi menjadi 15 angkatan yang dilaksanakan dalam 8 tahap mulai dari 7 Maret hingga 24 Mei 2016. Tiap tahapan diklat dilaksanakan selama 7 hari kerja atau 78 jam pelajaran yang dialokasikan untuk pembelajaran klasikal, dimana tiap kelas terdiri dari 36 orang.

Baca Juga  UNBK di SMPN 1 Plampang Sempat Terganggu

Sementara itu Kepala BKPP Provinsi NTB yang diwakili Sekretaris BKPP Provinsi NTB, Ahmad Masyuri SH memberikan apresiasi yang tinggi dalam penyelenggaraan Diklat Prajabatan di Kabupaten Sumbawa. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan di provinsi, mengingat jumlah CPNS K2 cukup besar, sehingga pelaksanaan Prajabatan digelar di daerah masing–masing. CPNS K2 diberi keringanan dengan masa prajabatan selama 7 hari dengan efektif kerja yang hanya 6 hari. Bagi pelamar jalur umum, masa prajabatan selama 31 hari. ‘’Kami dari provinsi berharap tenaga ahli di Kabupaten Sumbawa dapat ditingkatkan jumlahnya, agar tidak lagi bergantung pada tim ahli dari provinsi,” ungkap Sekban BKPP Provinsi NTB ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD