Malaria dan DBD Mengintai Warga Tiang Enam

oleh -8 views

TALIWANG, SR (06/03/2016)

Warga Lingkungan Tiang Enam, Kecamatan Taliwang, merasa khawatir akan munculnya wabah demam berdarah dengue (DBD) dan malaria. Sebab lingkungan setempat sangat rawan munculnya dua penyakit yang meresahkan tersebut. Tampak jentik-jentik nyamuk yang diindikasikan pemicu malaria dan DBD terlihat di pemukiman warga. Apalagi genangan air akibat hujan yang tidak menentu dapat menjadi sumber penyakit. Kondisi ini diperparah dengan menumpuknya sampah karena tidak terangkut petugas kebersihan.

Ketua Pemuda Lingkugan Tiang Enam (Pakta), Khairuddin kepada SAMAWAREA, Minggu (6/3), mendesak pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk mengambil langkah antisipasi. Misalnya Dikes, melakukan pembasmian sarang nyamuk (PSN) dengan cara penyemprotan (foging) dan abatesasi untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Selama ini pencegahan dilakukan hanya pada memutus mata rantai penyebaran. Artinya tindakan pemerintah ketika sudah ada korban dan mencegah adanya korban lain. “Harus ada langkah antisipasi sebelum jatuhnya korban,” pinta Khairuddin.

Jentik nyamuk
Jentik nyamuk

Sejauh ini diakui Khairuddin, Pakta bersama warga lingkungan setempat rutin setiap Hari Jumat melakukan gotong-royong membersihkan lingkungan. Namun upaya ini tidak maksimal karena dilakukan secara manual, mengingat air yang tergenang di selokan yang menjadi sumber penyakit harus diatasi menggunakan peralatan modern. Demikian dengan pengdangkalan selokan yang membuat air tergenang harus dilakukan pengerukan dan pemeliharaan secara rutin.

Ditambahkan Fahmi—tokoh pemuda Tiang Enam, bukan hanya genangan air, persoalan lain adalah tumpukan sampah. Ini terjadi karena petugas kebersihan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) KSB tidak melakukan pengangkutan sesuai jadwal. “Sampah itu menumpuk sampai dua atau tiga hari, ini menimbulkan bau busuk dan wabah penyakit,” ujarnya, seraya berharap dinas terkait turun langsung ke lapangan untuk memastikan kondisi tersebut. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  IBI Plampang Turun Aksi, Bagi-bagi Masker

No More Posts Available.

No more pages to load.