Hutan Olat Rawa Diserbu Aparat, Sita Ratusan Jati Gelondongan

oleh -32 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/03/2016)

Sedikitnya 120 personil polisi, TNI dan kehutanan, menyerbu kawasan Hutan Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir, Sumbawa, siang tadi. Tindakan ini dilakukan dalam operasi gabungan (Opgab) yang pertamakali digelar dalam rangka memberantas aksi yang kian marak di hutan tersebut. Dari Opgab perdana ini, tim menemukan ratusan batang kayu jati gelondongan dan balok di dalam kawasan. Selain itu ditemukan empat mesin Sawmill yang digunakan untuk mengolah kayu. Namun sayang, pelaku kabur sebelum tim tiba di TKP. “Ini operasi gabungan pertama, dan kami berhasil mengamankan ratusan kayu jati hasil tebangan yang siap angkut,” kata Dandim 1607 Sumbawa, Letkol (Inf) Agus Supriyanto.

Dengan ditemukan kayu tersebut membuktikan jika kasus illegal logging marak terjadi di kawasan Hutan Olat Rawa. Dan pihaknya tetap komit untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penindakan. Sebelumnya diakui Dandim, sudah 10 truk yang diamankan TNI dalam operasi yang digelar secara mandiri. Kuat dugaan kayu-kayu itu berasal dari kawasan yang sama, apalagi saat dicek di TKP, sopir truk yang mengangkut kayu tidak dapat menunjukan dokumen surat. Ada juga yang menunjukkan surat tapi kayu tidak berasal dari daerah yang disebutkan dalam surat dimaksud. “Saya bangga dengan hasil yang dicapai tim, sekaligus prihatin dengan semakin rusaknya hutan di Sumbawa akibat aksi kejahatan yang dilakukan para pelaku illegal logging,” tukas Dandim.

Baca Juga  Tim Polda Tangkap Pengedar Narkoba di Dompu

Ia berharap institusi terkait dan berwenang dalam proses hokum untuk tidak berhenti dan menyatakan kayu itu barang temuan, melainkan diusut tuntas dan sangat serius dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD