PLTU Badas Bermasalah, Diganti PLTMG

oleh -13 views
Manager PLN Area Sumbawa, Roxy Swagrino

SUMBAWA BESAR, SR (03/03/2016)

Masih ingat pembangunan PLTU Badas ? hingga kini proyek tersebut tidak kunjung terealisasi. Beberapa tahun silam, pra konstruksi PLTU tersebut telah dilakukan. Namun saying dalam prosesnya menemui kendala karena permasalahan yang dihadapi cukup kompleks. Seperti dugaan penggunaan BBM bersubsidi untuk kegiatan industri, hingga perebutan lahan proyek oleh sejumlah kelompok masyarakat. Khabarnya pembangunan PLTU tersebut gagal total dan rencananya akan diganti dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (3/3), Manager PLN Area Sumbawa, Roxy Swagrino mengakui hal itu. Pembangunan PLTMG sebagai pengganti PLTU di wilayah Kecamatan Badas masuk dalam rencana jangka panjang. Namun proyek tersebut bukan menjadi ranah atau kewenangan PLN Area Sumbawa. Pihaknya ungkap Roxy yang didampingi Asmen Jaringan, Hengky Purbo, hanya bisa memback-up kebutuhan kelistrikan dari sisi jangka pendek, sambil menunggu mesin pembangkit yang lebih efisien, dan lebih handal. “Kalau di area kita lebih memaintenance pelanggan dan memaintenance kehandalan listrik dan jaringan,” ucapnya.

Untuk pembangunan PLTMG ini lanjut Roxy, diserahkan ke unit lain yang ada di PLN biar lebih focus dalam penanganannya. Dan menurut informasi pembangunan PLTMG ini dimulai Tahun 2017 mendatang. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Ratusan Petinggi Bank Pembangunan Daerah Kumpul di NTB