Kepala BKKBN NTB Minta Restu Bupati untuk Kampung KB

oleh -32 views

SUMBAWA BESAR, SR (01/03/2016)

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Drs H Lalu Makripuddin meminta dukungan Bupati Sumbawa untuk merealisasikan keberadaan Kampung KB di Kabupaten Sumbawa. Dukungan ini disampaikan langsung saat bersilaturrahim dengan Bupati HM Husni Djibril B.Sc, Selasa (1/3). Bertempat di ruang kerja Bupati Sumbawa, Makripuddin yang didampingi Kepala BKBPP Sumbawa, Ir A Yani beserta jajaran BKKBN NTB mengatakan, keberadaan kampung KB untuk mendukung program pemerintahan Jokowi—JK dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan percepatan pembangunan. Karenanya program KB ini sangat strategis karena beriorientasi pada pembangunan keluarga. “Untuk menggalakkan program ini, di setiap kabupaten/kota khususnya di NTB dibentuk Kampung KB,” kata Makripuddin.

KB Silaturrahim 3Untuk di Kabupaten Sumbawa sejauh ini belum ada penetapan lokasi keberadaan Kampung KB. Persyaratan lokasi untuk Kampung KB adalah tempat tinggal yang kumuh dan banyak permasalahan kependudukan. Dengan adanya program ini, Makripuddin berharap kampung dimaksud akan keluar dari permasalahan dan berada sejajar dengan kampung-kampung lain yang lebih dulu maju. Sebab dengan kampung yang kuat, maka secara otomatis desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten/kota akan menjadi kuat. Secara tidak langsung, daerah yang kuat maka bangsa dan negara juga akan menjadi kuat. “Penetapan lokasi Kampung KB bersifat segera karena paling lambat akan dilaunching pertengahan tahun ini,” kata Makripuddin.

KB Silaturrahim 2Menanggapi hal itu, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc mengatakan bahwa keinginan BKKBN NTB merupakan harapan pemerintah daerah. Tentunya apa yang menjadi program pemerintah akan ditindaklanjuti secara serius. “Meski saya baru seminggu masuk kantor, tapi apa yang harus disegerakan, akan kami segerakan,” tukas Bupati. Karenanya Ia menyambut positif keberadaan Kampung KB di Kabupaten Sumbawa. Ia pun berharap Kampung KB tidak hanya di satu lokasi, tapi setiap kecamatan harus memiliki Kampung KB. “Program ini jangan hanya dipikirkan harus segera dilaksanakan. Tapi jangan lupa kampung KB itu harus ada di Utan, karena itu tanah kelahiran saya,” ujar Bupati berseloroh.

Baca Juga  Atlet Paralayang dari Enam Negara Siap Meriahkan Harlah KSB

Ditambahkan Kepala BKBPP Sumbawa, Ir A Yani, bahwa Sumbawa sudah sangat siap membentuk Kampung KB. Bahkan di setiap kecamatan sudah diplot memiliki satu kampung KB. Sedangkan secara kabupaten Kampung KB sudah ditetapkan di Batu Nisung, Kecamatan Badas. Dan semua SKPD sudah sepakat untuk memberikan intervensi atau dukungannya dalam menyukseskan program tersebut. “Insya Allah, tinggal menunggu kesediaan Bapak Bupati melaunching program ini,” lapor Yani kepada Bupati. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD