TNI Tangkap Kayu Serading Bersurat Lantung

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (29/02/2016)

Sepertinya pelaku illegal logging adu kuat dengan aparat. Di tengah gencarnya polisi dan TNI menggelar operasi, saat itu juga pelaku gencar mengangkut kayu yang diduga berada di dalam kawasan hutan. Sebab semakin hari kondisi hutan Sumbawa kian memprihatinkan. Bahkan disinyalir setiap hari terjadi pengangkutan sebanyak puluhan kubik. Hampir setiap hari polisi dan TNI secara bergantian mengamankan kayu yang diangkut menggunakan truk diduga dari hutan yang sama yakni Olat Rawa Kecamatan Moyo Hilir. Hanya berselang beberapa jam dari penangkapan sebelumnya, TNI dari Kodim 1607 Sumbawa kembali mengamankan kayu, Minggu (28/2) kemarin sekitar pukul 06.00 Wita. Kayu yang diangkut ini tanpa dilengkapi dokumen.

Diamankannya kayu ini berdasarkan informasi dari masyarakat. Tim yang dipimpin Dan Unit Intel Kodim Sumbawa, Lettu (Inf) Zainul Fahri dibagi menjadi dan menyebar di dua lokasi yaitu di Sebewe, Kecamatan Moyo Utara dan Jalan Lintas Serading, Kecamatan Moyo Hilir. Tak berselang lama, muncul truk kuning bernopol EA 8654 F. Saat dicegat truk yang dikemudikan IW asal Desa Langam, Kecamatan Lopok ini mengangkut kayu jati olahan. Ternyata kayu sebanyak 6 kubik ini tidak dilengkapi surat-surat. Selama ini hampir kayu yang dicegat aparat TNI maupun polisi, tidak pernah dilengkapi surat-surat. Biasanya surat baru muncul setelah kayu diamankan. Ada juga yang sudah diproses namun dinyatakan hasil kebun oleh saksi ahli dari dinas kehutanan.

Baca Juga  Polisi Ringkus 2 Pencuri Mesin Mobil Parkir di Kolong Rumah

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol (Inf) Agus Supriyanto mengakui saat dicegat dan dicek, kayu itu tanpa dilengkapi surat-surat. Setelah diamankan, barulah surat terkait kayu tersebut diperlihatkan. Sayangnya surat yang ditunjukkan tersebut terkait kayu yang berada di lokasi berbeda. ‘’Kalau kayu yang kami amankan itu dari Serading, namun suratnya tertera berasal dari Kecamatan Lantung. Ini beda tempat,” tukasnya.

Kuat dugaan kayu ini berasal dari kawasan hutan. Dan sejauh ini sudah 8 truk yang diamankan jajarannya dan hingga kini masih dalam proses. “Komitmen kami memberantas illegal logging dan siapapun yang terlibat akan kami tindak,” demikian Dandim. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.