Wakili ASEAN, Mahasiswa UTS Kuliah di Amerika

oleh -15 views

AMERIKA SERIKAT, SR (27/02/2016)

Satu lagi putra Sumbawa yang membanggakan daerah kelahirannya. Kurniawan Eka Putra yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Teknologi Sumbawa (FTB UTS) berhasil mencatat namanya sebagai delegasi ASEAN untuk mengikuti kuliah di Arizona Amerika Serikat, tepatnya di Arizona State University. Prestasi luar biasa ini terukir setelah Kurniawan mengikuti seleksi yang sangat ketat sehingga akhirnya terpilih menjadi salah satu wakil pemuda ASEAN dalam program Young Southeast Asian Initiative di Arizona, Amerika Serikat, bersama dengan mahasiswa lain dari 10 negara ASEAN.

UTS Kurniawan 4Program YSEALI atau Young Southeast Asian Initiative merupakan program yang diinisiasi oleh Presiden Barack Obama yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara Amerika Serikat dan ASEAN dalam hal pengembangan jiwa kepemimpinan dan koneksi antarpemuda ASEAN untuk membentuk pemimpin–pemimpin muda ASEAN. Program ini terbagi atas dua kategori, YSEALI Academic Fellowship yaitu program YSEALI untuk mahasiswa ASEAN yang berusia 18–25 tahun dan YSEALI Professional Fellowship yaitu program YSEALI untuk pemuda ASEAN yang berusia di bawah 35 tahun. Dalam program ini setiap kategori akan terbagi dalam dua bidang kegiatan yaitu Civic Engagement dan Entrepreneurship and Economic Development. Bukan hanya mengikuti kuliah, namun setiap peserta program akan mengaplikasikan segala ilmu yang diperoleh selama belajar di Amerika Serikat pada kegiatan kemasyarakatan di dalam komunitas mereka. Bersama 250 delegasi mahasiswa ASEAN lainnya, Kurniawan akan menjalani masa kuliah intensif selama 5 minggu sejak 20 Februari hingga 26 Maret 2016 dalam kegiatan Civic Engagement di Arizona State University.

Baca Juga  Penguatan Pendidikan Keluarga di Tengah Era Globalisasi

UTS KurniawanSelain belajar di Arizona State University, ia juga akan mengunjungi Washington DC, untuk kegiatan lapangan bersama pembuat kebijakan, perwakilan pemerintah, pebisnis dan perwakilan organisasi non profit atau lembaga swadaya masyarakat di Amerika Serikat. Proses pemilihan peserta program ini dilakukan sangat ketat oleh pihak penyelenggara. Calon peserta program YSEALI menjalani proses seleksi yang panjang sejak Oktober hingga Desember 2015. Ada dua proses seleksi, yaitu administrasi dan wawancara. Pendaftaran dibuka sejak September dan proses seleksi administrasi dilaksanakan hingga 31 Oktober 2015. Pada proses ini, semua calon peserta mengisi formulir yang berisi identitas diri dan rekam jejak dalam kepemimpinan serta kegiatan kemasyarakatan yang pernah dilakukan dan berkaitan dengan bidang kegiatan yang dipilih. Dua minggu berlalu, akhirnya Kurniawan dinyatakan lolos seleksi administrasi dan akan menghadapi sesi wawancara dengan pewawancara dari Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya dan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Di bawah bimbingan jajaran dosen Fakultas Teknobiologi, Kurniawan menjelaskan dengan rinci serentetan kegiatan kemasyarakatan yang pernah dilakukan sejak masa SMA hingga masa kuliah dengan menjadi Ketua Organisasi Sobat Bumi Regional Sumbawa.

UTS Kurniawan 1Penantian panjang menunggu pengumuman akhirnya tuntas saat Kurniawan dihubungi via email oleh penyelenggara dari Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya bahwa ia lolos menjadi salah satu peserta program YSEALI Academic Fellowship bidang Civic Engagement dan akan mengikuti kuliah intensif di Arizona. Tidak ingin menyia–nyiakan kesempatan ini, Kurniawan mempersiapkan berbagai keperluannya selama di Arizona, mulai dari mental hingga materiil. Dibimbing para dosennya, ia akan mengikuti kuliah pembekalan khusus sebagai modal berkuliah di Arizona. Ia berharap dengan berbagai persiapan yang dilakukan akan memberikan kemudahan baginya menjalankan perkuliahan. Ketika pulang dari Amerika Serikat nanti, mampu mengimplementasikan ilmunya dalam kegiatan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) khususnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.