Semua Fraksi Setuju Ranperda Inisiatif Komisi III dan IV

oleh -2 views

Tentang Pengolahan Sampah dan Penanggulangan Bencana

SUMBAWA BESAR, SR (26/02/2016)

Semua fraksi di DPRD Sumbawa menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengolahan Sampah yang diinisiasi Komisi III, dan Ranperda tentang Penanggulangan Bencana yang diprakarsai Komisi IV. Persetujuan itu disampaikan dalam Rapat Paripurna terkait Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sumbawa, Kamis (25/2) kemarin. Meski menyetujui banyak masukan dan saran yang menyertai bagi penyempunaan dua Ranperda tersebut sehingga dapat diimplementasi secara optimal.

Juru Bicara Komisi III, M Saad S.AP menyampaikan terima kasih kepada semua fraksi yang telah menyetujui Ranperda Pengolahan Sampah ini dibahas di tingkat selanjutnya. Sejumlah memandang Ranperda tersebut sebagai salah satu Ranperda sangat strategis untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah. Banyak masukan dari fraksi dalam pemadangan umum mengenai Ranperda ini di antaranya meminta pemerintah daerah konsisten menyiapkan fasilitas untuk memperlancar sistem pengolahan sampah berjalan lancar. Kemudian penetapan retribusi atas pelayanan persampahan. Saran lainnya, proses pemilahan sampah mulai dari lembaga pengelola sampah tingkat RT hingga kecamatan dapat dilakukan sesuai dengan tugas masing-masing tingkatan. Pengolahan sampah menggunakan konsep pengelolaan sampah terpadu, dengan memanfaatkan TPA yang telah di-SK-kan. Ranperda ini dinilai sangat penting sebab selama ini sampah-sampah yang dikelola namun tidak berada pada tempat yang dapat menjamin keamanan lingkungan, mempunyai dampak terhadap kesehatan lingkungan. Karena itu Ranperda ini menjadi solusi dalam mengatasinya. Saran selanjutnya, menambah jumlah kontainer dan armada pengangkutan sampah yang ditempatkan di setiap kecamatan.

Baca Juga  Ridwan: Anggota DPRD Bagi Lapak di Pasar Seketeng Hanya Isu Menyesatkan

Sementara Juru Bicara Komisi IV, Khairuddin SE memberikan apresiasi kepada semua fraksi yang Ranperda Penanggulangan Bencana yang diajukan komisinya. Seperti ranperda pengolahan sampah, banyak masukan dari fraksi bagi penyempurnaan Ranperda Penanggulangan Bencana ini untuk ditetapkan menjadi Perda. Hal ini terkait dengan peyelenggaraan penanggulangan bencana mulai dari pra, saat dan pasca terjadinya bencana, yakni mitigasi, evakuasi serta rehabilitasi dan rekonstruksi. Dalam Ranperda itu harus dipaparkan secara jelas landasan, azas, tujuan  dan  ruang  lingkupnya sehingga menjadi acuan atau petunjuk untuk bertindak dengan prinsip cepat, tepat dan prioritas dalam penanggulangan bencana. Komisi IV sepakat dengan sejumlah fraksi bahwa dalam penanganan penanggulangan bencana dilakukan  secara  profesional dan non politis. Masukan lainnya, harus ada informasi atau peringatan dini tanda-tanda/gejala terjadinya  bencana alam untuk membuat peringatan dini dalam menghadapi yang datang sewaktu-waktu, sehingga dampak dari resiko bencana dapat diminimalisir. “Kami berharap pembahasan Raperda ini dapat dilakukan secara cermat dalam rangka menghasilkan Perda yang lebih baik yang nantinya dapat  diimplementasikan secara optimal,” demikian politisi PBB ini. (JEN/SR*)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.