BPN Sumbawa Didemo Warga Penyaring

oleh -14 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/02/2016)

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumbawa kembali digoyang aksi demo. Kali ini dilakukan warga Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Untuk Pembaruan Agraria Kabupaten Sumbawa, Kamis (25/2). Massa menduga sikap subyektivitas kantor BPN dalam penerbitan sertifikat tanah. Koordinator Aksi, Agus Salim mempersoalkan sikap BPN yang hingga kini belum memproses pengajuan penertiban sertifikat tanah yang diajukan warga Penyaring di wilayah Tanjung Menangis, Sumbawa, sejak 20 Mei 2015 lalu. Padahal pengajuan itu telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang diatur dalam PP No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. BPN terkesan menghalang-halangi masyarakat untuk mendapatkan hak kepemilikan atas tanah tanpa alasan yang berdasarkan hukum. “Sikap BPN sama dengan perbuatan melawan hukum,” tudingnya.

Demo BPN 1Karenanya massa mendesak BPN Sumbawa segera menerbitkan sertifikat hak milik warga Penyaring. Massa juga meminta Kepala BPN Kanwil NTB segera mencopot Kepala BPN Sumbawa sekaligus mengevaluasi kinerja BPN Sumbawa karena diindikasikan adanya mafia tanah di kantor tersebut. Jika tuntutan ini tidak direspon, mereka mengancam akan kembali menggelar aksi dengan massa yang jauh lebih besar.

Demo BPN 2Kepala BPN Sumbawa melalui Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan, Ahmadi SH didampingi Kasubsi Perkara Pertanahan Syamsul Hidayat SH nerjanji akan menyampaikan tuntutan masyarakat tersebut kepada kepala BPN. Mereka belum bisa mengambil sikap karena menjadi kewenangan kepala Kantor. “Kami tidak berkemampuan untuk menyelesaikan masalah ini, karena erat kaitannya dengan masalah kebijakan,” ujarnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  SS: Agar Tidak Hamil, Saya Diminta Minum Sprite

No More Posts Available.

No more pages to load.