Serius Tangani Kasus, Dishut Sumbawa Minta Bantuan Provinsi

oleh -5 views
Pj Bupati Sumbawa memberikan arahan kepada Kadishut Ir H Ibrahim M.Si dan jajarannya

SUMBAWA BESAR, SR (23/02/2016)

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Sumbawa, Ir H Ibrahim M.Si mengatakan, hingga kini jajaran Dinas Kehutanan Kabupaten Sumbawa masih memproses kasus kayu hasil tangkapan anggota TNI Kodim 1607 Sumbawa. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) setempat tengah memanggil dan memeriksa saksi-saksi. “Penyidik kami sedang bekerja, meminta keterangan saksi dan sejauh ini belum bisa disimpulkan, karena semua harus melalui mekanisme,” katanya saat dicegat SAMAWAREA di kantor DPRD Sumbawa, Selasa (23/2).

Sepanjang keterangan mengatakan kayu itu berasal dari dalam kawasan dan ada saksi yang menguatkan, tidak ada alasan untuk tidak diproses lanjut. Ia juga telah berkomitmen bahwa penanganan setiap dugaan tindak pidana illegal logging harus dilakukan secara serius dan pihaknya tidak akan main-main. Bahkan untuk membantu penanganan kasus ini pihaknya telah meminta bantuan tenaga dari PPNS Dinas Kehutanan Provinsi NTB.

Terkait dengan kayu tangkapan polisi yang keterangan saksi ahli dari Dinas Kehutanan berasal dari kebun milik rakyat, Kadis Ibrahim menyatakan bahwa itu adalah kewenangan saksi ahli yang posisinya independen. “Kami tidak bisa intervensi, karena mereka independen,” ujarnya.

Di bagian lain Kadis Ibrahim menegaskan pihaknya sangat komit dan sepakat untuk menjaga hutan Sumbawa dengan memberantas para pelaku illegal logging bukan hanya di Olat Rawa tapi juga di kawasan hutan lainnya. Meski diakui sudah bukan domain kabupaten melainkan Propinsi melalui KPH Batu Lanteh, namun Dishut Sumbawa memiliki kepentingan mengingat aksi illegal logging tersebut terjadi di wilayah hutan Sumbawa. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Jual Shabu, Oknum PNS Dibekuk

No More Posts Available.

No more pages to load.