BPS KSB Kini Miliki 113 Petugas Sensus Ekonomi

oleh -5 views

TALIWANG, SR (23/02/2016)

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kini memiliki 113 petugas Sensus Ekonomi (SE) hasil rekrutmen yang dibuka pada awal Februari 2016. Rencananya, seluruh petugas akan dibekali dengan pelatihan pendataan sebelum ditugaskan pada Bulan Mei mendatang.

Kepala BPS Sumbawa Barat, Ir Muhadi menyebutkan, rekrutmen tenaga SE untuk wilayah Sumbawa Barat telah diikuti oleh 587 peserta yang berasal dari 8 Kecamatan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 157 peserta yang lolos dalam tahapan tes tulis dan mengikuti tes lanjutan yakni tes wawancara yang menyisakan 113 peserta. “Peserta yang lulus paling banyak berasal dari Kecamatan Taliwang sebanyak 52 orang, diikuti Kecamatan Maluk 28 orang, Kecamatan Brang Ene 3 orang dan sisanya berasal dari 5 Kecamatan lainnya,” sebut Muhadi.

Seluruh peserta yang lulus sebagai Tenaga SE nantinya akan dikontrak selama satu bulan untuk melakukan pendataan setiap usaha dan perusahaan yang terdapat di Kabupaten Sumbawa Barat. Mereka akan efektif bekerja pada Bulan Mei, bersamaan dengan seluruh petugas SE di masing-masing kabupaten/kota yang ada di Indonesia. “Sensus Ekonomi akan dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia, untuk itu petugas SE harus dilatih terlebih dahulu sebelum diterjunkan ke lapangan pada Bulan Mei nanti,” jelas Muhadi.

Ia menambahkan, pelatihan tenaga SE dari Sumbawa Barat akan bersamaan dengan 402 tenaga SE dari Kabupaten Sumbawa. Pelatihan yang akan dilaksanakan dipusatkan di Kabupaten Sumbawa dan dijadwalkan pada 4–16 April. Dalam pelaksanaannya nanti, BPS KSB telah menyiapkan empat tahapan pengiriman peserta, di mana dalam tiap tahapan terdiri dari 28-30 petugas SE. “Pelatihan Sensus Ekonomi merupakan pelatihan yang penting untuk diikuti oleh setiap petugas SE. Semoga 113 peserta dari Kabupaten Sumbawa Barat bisa ikut serta dalam pelatihan, sebagai bekal dalam melakukan pendataan di lapangan nanti,” harapnya. (AR/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Program Mawar Emas Siap Diluncurkan 12 Agustus