KPPT Sumbawa Terapkan Pelayanan “Door to Door”

oleh -23 views

Kunjungi Usaha, Ijin Langsung Diterbitkan

SUMBAWA BESAR, SR (22/02/2016)

Mulai Senin (22/2) tadi, petugas Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Sumbawa terlihat keluar masuk pasar. Sebab kantor yang dipimpin Wirawan S.Si MT ini memberlakukan pelayanan secara “door to door” dengan mengunjungi langsung kegiatan usaha untuk pengurusan ijin di tempat. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mendukung visi misi pemerintahan Husni-Mo, mewujudkan Sumbawa hebat dan bermartabat. Sebelumnya semua dinas instansi di lingkup Pemda Sumbawa mendapat raport merah dalam pelayanan dan kinerja dari penilaian Ombudsman, kecuali KPPT Sumbawa menjadi satu-satunya yang mendapat raport hijau. “Pelayanan door to door ini bagian dari upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wirawan S.Si MT, Kepala KPPT setempat, Senin (22/2).

Wirawan S.Si MT, Kepala KPPT Sumbawa
Wirawan S.Si MT, Kepala KPPT Sumbawa

Langkah ini mempermudah masyarakat untuk memperoleh ijin dari usaha yang digelutinya, sehingga mudah mendapat bantuan dana dari lembaga perbankan maupun pemerintah. Selain itu cara ini juga untuk memberantas mata rantai percaloan di samping memberikan pemahaman birokrasi kepada masyarakat awam bagaimana cara pengurusan ijin.

Ia mencontohkan petugas KPPT yang sejak hari ini masuk ke pasar untuk melakukan pendataan para pedagang. Pendataan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi pedagang yang belum memiliki izin sehingga bisa langsung ditangani tanpa dipungut biaya sepeserpun. “Kami ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, karena pemimpin bukan lagi dilayani tapi melayani,” demikian pejabat yang cukup dekat dengan pasangan Husni Mo ini. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  200 Peserta LTM 2020 Makan Malam di Istana Dalam Loka

No More Posts Available.

No more pages to load.