Buku “From Sumbawa With Dream” Dilaunching dan Dibedah

oleh -16 views

Karya Mahasiswa Psikologi dan Fikom UTS

SUMBAWA BESAR, SR (20/02/2016)

20 orang mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) gabungan Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Komunikasi berhasil merampungkan buku hasil karyanya. Buku berjudul “From Sumbawa With Dream” ini merupakan rekaman hasil perjalanan sejumlah mahasiswa tersebut ke Singapore, Maret 2015 lalu. Kemarin, buku yang telah 10 bulan digarap ini dilaunching dan dibedah. Kegiatan yang digelar di Wisma Daerah itu dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa diwakili Asisten I Pemerintahan, Dr H Muhammad Ikhsan, M.Pd. Hadir dalam kesempatan itu Rektor UTS Dr Arif Budi Witarto M.Eng, Kepala Kantor Arspusda Sahril, M.Pd, yang sekaligus menerima buku tersebut sebagai koleksi di perpustakaan daerah guna menambah wawasan dan pemahaman serta menjadi inspirasi para pelajar dan mahasiswa lainnya terutama untuk belajar menulis cerita. Selain itu launching dan bedah buku ini dihadiri langsung Heri Hendrayana yang populer disapa Gol A Gong—novelis nasional “Balada Si Roy” yang selama ini menjadi pembimbing para mahasiswa dan melakukan bedah buku tersebut. Penulis legendaries tanah air ini hadir didampingi istri Tyas Tatanka selaku pengelola Rumah Dunia.

Gol A Gong dan istri saat membedah buku "From Sumbawa With Dream"
Gol A Gong dan istri saat membedah buku “From Sumbawa With Dream”

Hadir juga Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah H Sahril, M.Pd. Selain mahasiswa UTS, acara launching dan bedah buku juga dihadiri oleh sejumlah siswa dari berbagai SMA dan guru-gurunya. Bedah buku langsung dilakukan oleh novelis legendaris, Gol A Gong. Novelis ini datang bersama isterinya yang juga novelis Tyas Tatangka. Sementara didaulat menjadi moderator adalah Miftahul Arzak, Dosen Fikom UTS.

Baca Juga  Kurang Fasilitas, Sebagian Besar SMP Belum Siap UNBK

Bupati Sumbawa Ikhsan memberikan apresiasi atas launching dan bedah buku “From Sumbawa with Dream”. Menurut bupati, penulisan buku ini salah satu upaya membangun SDM masyarakat Sumbawa. Buku yang merekam sebuah perjalanan para mahasiswa ke Singapore, mengajarkan untuk memahami masa lalu serta dapat menghayati masa kini. Karena dengan pemahaman itu berarti dapat memiliki landasan untuk merencanakan masa akan datang yang mempertemukan masa lalu dengan masa sekarang serta menjangkau harapan-harapan masa depan. Ia berharap buku ini dapat memberikan motivasi untuk memandang masa depan dengan penuh optimis, mengingat tantangan ke depan akan jauh lebih kompleks apalagi saat ini memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga membutuhkan jalinan kemitraan strategis di segenap elemen masyarakat Sumbawa dalam upaya bersama membangun daerah di segala bidang.

Para penulis memberikan testimoni
Para penulis memberikan testimoni

Sementara itu Gol A Gong mengisahkan bagaimana dirinya menjadi pemandu mahasiswa UTS ke Singapore. Selain itu, Redaktur Pelaksana Radar Sumbawa Fajar Rachmat dan wartawan Samawarea.com Zainuddin Jen juga didaulat untuk menyampaikan testimoninya saat mendampingi mahasiswa UTS. Terakhir, semua penulis menyampaikan kesannya secara singkat tentang Singapore, dan tentang pengalaman menulisnya. Tentunya mempromosikan bahwa jika ingin jalan-jalan ke Singapore buku ini bisa menjadi salah satu referensi. Dengan harga Rp 60 ribu, buku tersebut memberikan gambaran tentang beberapa hal di Singapore yang diceritakan dengan ‘lugu’ oleh para penulisnya. “Buku ini mengisahkan bagaimana perjalanan, harga dan transportasi, makanan, penginapan, serta hal-hal yang dibolehkan dan dilarang di Singapore hingga mahasiswa yang tersesat pun diceritakan,” kata Fajar—wartawan berkepala plontos ini. “Kami berharap melalui perjalanan singkat selama tiga hari di Singapore yang terekam dalam buku ini, mahasiswa UTS menjadi individu-individu berbeda yang konstribusinya insya Allah akan mampu merubah dunia,” timpal Jen—wartawan SAMAWAREA. (JEN/SR)

CAPTION: Gol A Gong–Penulis Legendaris Nasional menyerahkan buku ““From Sumbawa With Dream” kepada Kepala Arpusda Sumbawa, Syahril M.Pd.

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.