Guru Sumbawa Diajar Novelis Nasional “Balada Si Roy”

oleh -5 views

“Teknik Menulis Cerita Dengan Memanfaatkan Limbah Bekas”

SUMBAWA BESAR, SR (19/02/2016)

Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menghadirkan novelis remaja populer Heri Hendrayana Harris. Novelis yang dikenal dengan panggilan Gol A Gong ini merupakan penulis Novel Balada Si Roy yang sangat beken di kalangan remaja saat itu. Bahkan novel hasil karyanya ini telah diangkat dalam Film “Balada Si Roy” di layar kaca atau film era Tahun 1990-an. Kehadiran novelis yang memiliki “Rumah Dunia” dan aktif menggelar program “Jalan-Jalan Sambil Menulis Buku” ke berbagai negara yang kebetulan mahasiswa UTS sempat mengikutinya di Singapore dan Bangkok Thailand ini, sebagai narasumber pada kegiatan “Workshop Teknik Menulis Cerita Dengan Memanfaatkan Limbah Bekas”.

Menurut Yossy Dwi Erliana, S.Psi., M.Psi., Psikolog Dekan Fakultas Psikologi UTS, kegiatan workshop ini diikuti sekitar 100-an peserta yang terdiri dari para guru TK, PAUD dan SD. Kegiatan ini merupakan kerjasama berbagai pihak di antaranya Fakultas Psikologi UTS dengan Pemda Sumbawa. “Kami berharap dari kegiatan ini akan muncul berbagai inovasi dan kreatifitas para guru dalam menciptakan Alat Permainan Edukasi (APE) yang murah, mudah ditemukan, aplikabel serta higenis,” kata Yossy—akrab Dekan ini disapa.

Karena ketika anak didik merasakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sambungnya, maka UTS sebagai insan pendidikan telah berkontribusi dalam pembangunan karakter anak didik melalui cara bercerita menggunakan Alat Permainan Edukasi (APE) yang tersedia. “Mudah-mudahan harapan ini yang juga menjadi harapan kita semua untuk dapat dijawab dalam workshop hari ini,” ujarnya.

Baca Juga  1200 Mahasiswa Baru Mengikuti Respek UTS 2019

Untuk diketahui bahwa pembangunan karakter merupakan bagian penting dari gerakan revolusi mental yang menjadi visi besar pemerintah saat ini. Ia berharap Fakultas Psikologi UTS dapat terus memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter anak-anak Sumbawa, sehingga menghasilkan anak-anak Sumbawa yang hebat.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Setda Sumbawa, Dr Muhammad Ikhsan, M.Pd menyambut baik kegiatan tersebut mengingat usia 0–6 tahun adalah masa-masa penting bagi anak untuk menghasilkan SDM yang hebat. Kegiatan ini sejalan dengan visi misi Bupati Sumbawa yang menekankan pada aspek SDM. “Kami mengapresiasi upaya Fakultas Psikologi UTS karena mampu nyajikan kegiatan yang akan memberikan kontribusi pada tumbuhnya kreatifitas anak-anak didik,” ucapnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD