PTNNT Kembali Gelar Sustainable Mining Bootcamp

oleh -6 views

Program Edukasi Mengenalkan Tambang Kepada Masyarakat

BATU HIJAU, SR (18/02/2016)

PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kembali menggelar Sustainable Mining Bootcamp. Kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun dan pada Tahun 2016 ini sudah yang kelima kalinya. Kegiatan Sustainable Mining Bootcamp merupakan program edukasi bagi masyarakat umum untuk melihat langsung proses penambangan dan aktivitas masyarakat di sekitar tambang Batu Hijau. Peserta boot camp akan mengikuti dengan lengkap praktek-praktek penambangan terbaik dan bertanggungjawab yang dilakukan Newmont, sejak batuan di tambang, diproses, aktivitas pemantauan terhadap lingkungan, hingga persiapan penutupan tambang.

Peserta juga akan tinggal dan merasakan langsung kehidupan masyarakat di desa-desa sekitar area tambang, serta mengunjungi daerah wisata di Sumbawa Barat. Persyaratan mengikuti program ini hanyalah semangat untuk berbagi pengalaman kepada khalayak luas selama kegiatan berlangsung melalui akun-akun media sosial yang peserta miliki.

Setelah melalui seleksi karyatulis yang dikirimkan peserta pada Bulan Januari lalu, sebanyak 20 orang berhasil terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. Tiga di antaranya berasal dari Kabupaten Sumbawa. Para peserta mengikuti Sustainable Mining Bootcamp Batch V selama beberapa hari sejak 14 Februari hingga 22 Februari 2016 mendatang. Kegiatan tersebut memiliki tiga focus kegiatan yang akan di lakukan oleh para peserta. Pertama, Mining Experience, memperlihatkan operasional tambang, safety yang diaplikasikan, dan bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan yang hasil buminya diambil. Kedua, Social Experience. Memperlihatkan bahwa konsep Sustainable Mining itu mencakup bantuan perekonomian untuk warga di sekitar tambang yang sudah tidak beroperasi lagi di daerah tersebut. Ketiga, Natural Experience. Peserta diperlihatkan usaha dalam pelestarian lingkungan meski tidak termasuk dalam wilayah pertambangan. Peserta memiliki kebebasan untuk menginformasikan hal apapun kepada khalayak tanpa ada intervensi dari PT NNT. Yang patut diingat, peserta mengikuti program tanpa mengeluarkan biaya apapun dan tidak akan memperoleh imbalan apapun kecuali edukasi mengenai dunia pertambangan dan pengalaman liburan yang berbeda di lokasi tambang dan sekitarnya. (Subhan AZ)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Kembali Diluncurkan, Program JPS Gemilang Diapresiasi Masyarakat