162 Perusahaan di KSB Dihimbau Segera Patuhi UMK 2016

oleh -8 views

Wajib Gaji Karyawan Minimal 1,6 Juta Per Bulan

TALIWANG, SR (15/02/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menghimbau kepada seluruh perusahaan yang mengantongi izin operasional di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat untuk secepatnya menyesuaikan gaji minimum karyawan dengan UMK 2016 sebesar Rp 1.609.300/bulan. Himbauan sekaligus perintah tertulis ini menjadi keharusan untuk ditindaklanjuti oleh setiap perusahaan jika tidak ingin mendapat sanksi dari Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disosnakertrans) KSB, Abdul Hamid mengatakan, himbauan penyesuaian UMK telah disampaikan sejak tiga pekan terakhir kepada 162 perusahaan lokal dan non lokal yang tercatat memiliki tenaga kerja formal dan diketahui¬†beroperasi di wilayah Sumbawa Barat. “UMK efektif berlaku sejak 1 Januari 2016 dan secara otomotis harus ditindaklanjuti oleh setiap perusahaan dengan menyesuaikan upah tenaga kerja berdasarkan UMK,” kata Abdul Hamid.

UMK Sumbawa Barat 2016 merupakan hasil kesepakatan bersama antara perusahaan dan tenaga kerja yang telah mendapat persetujuan Gebernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 28 Desember 2015 melalui keputusan bernomor 361.878 tahun 2015. Lahirnya keputusan tersebut maka UMK Sumbawa Barat 2015 sebesar Rp 1.463.000/bulan tidak berlaku lagi. “UMK lahir atas kesepakatan bersama dan telah disetujui Gubernur, jadi tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak menyesuaikan kontrak kerja dengan UMK 2016,” jelas Abdul Hamid.

Sejak himbauan disampaikan, Disnakertrans Sumbawa Barat hingga minggu kedua Februari belum menerima laporan adanya perusahaan yang belum menyesuaikan kontrak kerja atau karyawan yang menerima upah di bawah standar UMK. Meski demikian, tim Disnakertrans masih ditugaskan di lapangan guna menerima aduan atau keluhan baik dari perusahaan maupun karyawan secara langsung.

Baca Juga  Parade Malala Hasilkan 24 Obat Berkhasiat, Sembuhkan Kanker Hingga Sihir

Disnakertrans mencatat sebanyak 10 perusahaan raksasa yang sudah mampu menerapkan upah yang jauh melebihi ketetapan UMK 2016. Perusahaan dimaksud, di antaranya PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), PT Trakindo, PT Prasmanindo Boga Utama (PT PBU), PT Maluk Karya dan PT Bumi Harapan Jaya (PT BHJ). (AR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.