Keppres Belum Turun Ganjal Pelantikan Bupati Sumbawa

oleh -9 views
Sudirman S.IP

SUMBAWA BESAR, SR (11/02/2016)

Meski pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih sudah dijadwalkan terlaksana 17 Februari 2016 mendatang, namun masih ada sedikit ganjalan. Pelantikan bisa tidak terlaksana jika sampai jadwal pelantikan, Keputusan Presiden (Keppres) terkait pelantikan tersebut belum juga turun. Dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (11/2), Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Sudirman S.IP mengakui jika Keppres tersebut belum turun. Keppres ini mengatur tentang teknis pelaksanaan pelantikan gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota. “Sampai sekarang masih menunggu turunnya Keppres ini,” kata Sudirman.

Hasil komunikasi pihaknya dengan Mendagri belum lama ini, lanjut komisioner KPU tiga periode ini, Keppres itu masih berproses di Setneg. Meski demikian surat edaran Mendagri menyatakan bahwa pelantikan kepala daerah hasil pilkada di 12 propinsi dan 17 kabupaten/kota akan dilaksanakan 17 Februari, termasuk semua kabupaten/kota di NTB yang menggelar Pilkada. “Untuk semua kabupaten/kota di NTB yang telah menggelar Pilkada, pelantikan kepala daerahnya 17 Februari,” jelas Sudirman.

Dalam aturan, kabupaten/kota yang akan melantik kepala daerahnya harus menyertakan persyaratan surat dari Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa kabupaten/kota tersebut tidak ada sengketa Pilkada. Demikian dengan kabupaten/kota yang mengalami sengketa harus ada keputusan resmi dari MK, bahwa putusannya sudah menetapkan pasangan calon. “Sumbawa sudah beres, persyaratannya sudah lengkap. Tinggal menunggu turunnya Keppres,” ungkapnya.

Baca Juga  Kongres Gerindra, DPD Gerindra NTB Dukung Prabowo Subianto Kembali Jabat Ketum

Untuk diketahui, informasi dari Gubernur NTB melalui Biro Pemerintahan, dan Humas Protokol Provinsi, proses pelantikan bupati/wakil bupati terpilih dilaksanakan di Hotel Lombok Raya. Sedikitnya 100 undangan disebar di sejumlah SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi dan lainnya khususnya di Kabupaten Sumbawa, belum termasuk termasuk relawan yang datang secara sukarela untuk menjadi tamu undangan sekaligus saksi dalam pelantikan HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016—2021. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.