PTNNT Bantu 33 Sekolah di NTB Terhubung Secara Online

oleh -5 views

Kepala Dikpora NTB: Pengembangannya diserahkan ke Kabupaten

MATARAM, SR (10/02/2016)

Sebanyak 33 SD/MI di Nusa Tenggara Barat (NTB) kini dapat bertukar informasi secara online melalui website gugus sekolah yang dibuat dan dibiayai PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Website gugus sekolah bantuan PT NNT ini, terdiri dari 4 website interaktif yang sudah bisa diakses sejak dua pekan terakhir melalui alamat website www.gugus4taliwang.web.id, www.gugus01salaprang.org ,www.02sandubaya.org dan www.sdnkerato.web.id.

General Supervisor Social Responsibility Capacity Building (Gensupv SR CB) PT NNT, Faozan Maulad mengatakan, bantuan pembuatan website merupakan bantuan lanjutan atas program kerjasama gugus sekolah dengan Pemerintah Provinsi NTB. Program ini sudah berjalan sejak 2012 lalu dan pada tahun ini dikembangkan untuk bisa terkoneksi secara online melalui website gugus sekolah. “Empat Website gugus sekolah kini sudah bisa diakses, tinggal memberi pelatihan kepada tekhnisi dan operator sebelum pengelolaannya diserahkan ke masing-masing gugus,” kata Faozan Maulad.

Untuk sementara, lanjut Faozan, pengelolaan website gugus sekolah masih berada dalam tanggung jawab PT NNT. Meski demikian, data dan informasi sekolah yang ada di website merupakan data dan informasi yang dikirim oleh masing-masing gugus. Adapun penyerahan pengelolaan website dijadwalkan terlaksana pada April 2016, bertepatan dengan berakhirnya program kerjasama bantuan pembuatan website November 2015-April 2016.

Gensupv SR CB PT NNT, Faozan Maulad
Gensupv SR CB PT NNT, Faozan Maulad

Berikut informasi gugus sekolah di NTB yang telah memiliki website interaktif bantuan PT NNT. Adalah gugus 04 Taliwang dengan alamat website http://www.gugus4taliwang.id. Gugus ini beranggotakan 8 sekolah terdiri dari SDN Telaga Baru, SDN Perjuk, SDN Bertong, SDN Labuhan Lalar, SDN I Lalar Liang, SDN 2 Lalar Liang, MI NW Tamempang dan SD Natur IT Rabbani. Gugus I Unter Iwes Sumbawa dengan alamat Website http://www.sdnkerato.web.id. Gugus ini beranggotakan 9 sekolah yakni SDN Kerato, SDN Sering, SDN Nijang, SDN Uma Beringin, SDN Uma Buntar, SDN Boak, SDN I Sampa, SDN Perung dan SDNIP Darul M. Gugus I Selaparang dengan alamat Website http://www.gugus01selaparang.org, yang beranggotakan 8 sekolah yaitu, SDN 5 Mataram, SDN 25 Mataram, SDN 32 Mataram, SDN 18 Mataram, SDN 37 Mataram, SDN 26 Mataram, MI NW Dasan Agung dan MI NW Al-Ma’rifatul Islamiyah. Selanjutnya Gugus 02 Sandubaya dengan alamat Website http://www.gugus02sandubaya.org. Gugus ini beranggotakan 8 sekolah terdiri dari SDN 1, SDN 2 dan SDN 3 Sandubaya, SDN 1, SDN 2 dan SDN 3 Sekarteja, SDN 1 dan 2 Kembangsari.

Baca Juga  Gerakan Menuju 100 Smart City, Wujudkan Sumbawa Sebagai Kota Pintar

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, Dr Rosyadi Sayuti mengatakan, hadirnya website interaktif SD/MI yang dibiayai oleh PT NNT merupakan teroboson baru dalam dunia pendidikan. Para guru kini bisa berbagi informasi untuk kemajuan sekolah tanpa terhalang ruang dan waktu. “Hadirnya Website Gugus sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan sekolah. Para guru kini bisa melihat produk dari sekolah lain atau mengupload sendiri program dan modul pembelajaran yang inovatif untuk diterapkan di sekolah masing masing,” kata Rosyadi Sayuti.

Saat ini sambung Rosyadi, empat website gugus telah dibayarkan selama tiga tahun kedepan oleh PTNNT kepada penyedia layanan hosting. Jika masa itu berakhir maka kelanjutan pembayaran website dan pengembangannya akan menjadi tanggung jawab kabupaten/kota yang memiliki website gugus. “Tergantung kepada kabupaten/kota mau dilanjutkan atau tidak, Pemprov akan memantau proses perkembangannya dengan tetap berkoordinasi dengan daerah,” tukasnya (AR/SR)

CAPTION: Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, Dr Rosyadi Sayuti, didampingi Arie Burhanuddin (Staf Media Relation PTNNT)

 

bankntb DPRD DPRD