Anies: Keberadaan Ponpes Adalah Rahmatan Lil ‘Alamin

oleh -134 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (10/02/2016)

Pondok Pesantren (Ponpes) kerap diidentikkan dengan citra negative yang dihembuskan melalui berbagai macam opini, mulai dari terorisme, radikalisme, serta beberapa isme-isme lainnya. Opini tersebut ditanggapi secara tegas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Rasyid Baswedan Ph.D saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid dan komplek Ponpes Dea Malela di Kecamatan Lenangguar, Selasa (9/2) kemarin.

Ia menilai isu-isu yang berkembang saat ini mengenai pesantren sangat berlebihan dan terlalu memojokkan. Menurutnya, pondok pesantren masih sama seperti yang sudah lama terbentuk yaitu sebagai rahmatan lil aalamin (rahmat bagi seluruh alam). Artinya, pondok pesantren ini masih sebagai lembaga pendidikan Islam, penanaman ideologi keislaman dan jauh dari faham-faham radikal.

Baca Juga  BPPT Monitoring Alat Air Siap Minum di Rusunawa UTS

Dalam menghadapi isu extremisme dan radikalisme yang dibutuhkan hanya sebuah kemampuan untuk berfikir kritis. Pemikiran kritis ini menjadi sebuah benteng untuk menangkal semua ide yang tidak masuk akal sehat. Inilah yang harus ditanamkan bukan saja di pendidikan Islam tapi juga semua instansi pendidikan (sekolah umum) untuk bisa menanamkan ide, gagasan dan pemikiran kritis tersebut. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *