Banjir ‘Menyerang’ Kota, Ratusan Rumah Terendam

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/02/2016)

Ratusan rumah di wilayah perkotaan terendam air, Senin (8/2) sore kemarin. Pasalnya hujan yang mengguyur Kota Sumbawa dan sekitarnya sejak pagi hingga sore hari menyebabkan air sungai dan selokan meluap. Kondisi ini membuat warga di sejumlah lingkungan kelurahan terutama Kelurahan Brang Biji, kalang kabut. Sebab air yang meluap setinggi lutut orang dewasa ini masuk hingga ke rumah warga setempat. Lokasi paling parah terlihat di lingkungan Tambora, dan perkantoran di Jalan Kebayan. Arus lalulintas di wilayah tersebut sempat lumpuh total.

Salah seorang warga RT 01 RW 09 Kelurahan Brang Biji, Hen mengatakan, meluapnya air akibat hujan karena banyaknya saluran di wilayah kota yang sudah tidak berfungsi, seperti di depan Tambora, RSUD, depan Kantor Dinas Diknas dan Kejaksaan Negeri Sumbawa. Harusnya ini tidak terjadi jika saluran perkotaan terpelihara rutin. Sebab menurut informasi, anggaran pemeliharaan saluran perkotaan tetap dianggarkan, namun sejauh ini tidak pernah terlihat adanya pelaksanaan di lapangan. “Jika memang dana pemeliharaan saluran perkotaan rutin dianggarkan dan tidak dilaksanakan, maka ini adalah penyimpangan,” ucap Hen.

Banjir KotaNamun demikian kesadaran masyarakat adalah hal yang utama untuk tidak membuat sampah di selokan. Dengan menumpuknya sampah, membuat saluran bersedimentasi lalu dangkal dan tak mampu membendung arus air yang masuk dalam jumlah berlebih. Masyarakat juga memiliki tanggung jawab yang sama mengantisipasi hal ini dengan menggelar gotong royong rutin. Jika perlu membuat awiq-awiq untuk memberikan sanksi kepada warga yang ditemukan membuang sampah sembarang terutama di saluran. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Diterjang Hujan Es dan Putting Beliung, Puluhan Rumah di Kopang Rusak