Sekda Puji Pelayanan BPN Sumbawa

oleh -36 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/02/2016)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa yang telah menyelesaikan sertifikat hak atas tanah melalui program strategis pertanahan Tahun 2015 sebanyak 8.607 bidang. Dengan telah diterbitkannya sertifikat dan sudah diterima oleh para pemegang hak dapat menjadi upaya bagi perubahan ekonomi, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. “Program strategis pertanahan untuk Kabupaten Sumbawa setiap tahun meningkat dengan perincian Tahun 2014 sebanyak 7.600 bidang, 8.607 bidang 2015, dan 13.200 bidang untuk 2016,” rinci Sekda saat Sosialisasi Pelaksanaan Program Strategis Pertanahan Tahun Anggaran 2016 di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, belum lama ini.

Sekda berharap keluhan-keluhan masyarakat atas pelayanan pertanahan dapat segera direspon dan ditindaklanjuti serta dicarikan solusi karena sudah saatnya masyarakat merasakan pelayanan yang lebih baik. Kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa, H Rasyidi meminta untuk turut berpartisipasi membantu pemerintah dengan secara proaktif mengurus sertifikat atau hak milik tanahnya.

Di bagian lain Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi mengatakan, BPN RI melalui semangat perubahan telah melakukan beberapa program strategis dalam rangka percepatan pendaftaran tanah di seluruh wilayah NKRI. Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 19 UU No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, menetapkan bahwa untuk menjamin kepastian hukum oleh pemerintah, diadakan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Baca Juga  TGB Tegaskan Tingkatkan Koordinasi Tuntaskan Musibah Bima

Pada Tahun 2016, program strategis pertanahan untuk kegiatan legalisasi aset sebanyak 11.200 bidang yang dituangkan dalam DIPA Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa, sedangkan kegiatan redistribusi tol mencapai 2.000 bidang dan dituangkan dalam Dipa Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Program strategis pertanahan yang akan dilakukan ini memiliki manfaat yang besar. Melalui kegiatan tersebut akan memberikan jaminan kepastian hak atas tanah, mencegah sengketa, dan meningkatkan kesejahteraan bukan hanya bagi pemegang haknya, tapi juga bagi bangsa secara keseluruhan dan lebih khusus lagi masyarakat Sumbawa. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD